SEJARAH

Berawal dari sekumpulan mahasiswa yang suka otak atik pemancar radio dan sebuah ide pun mengalir. Sebuah ide untuk membuat inovasi dalam dunia broadcasting khususnya di Politeknik Negeri Semarang kala itu dengan mendirikan sebuah UKM Radio Kampus. Polines sebagai pihak institusi pun menyambut baik berdirinya sebuah UKM dalam bidang minat bakat di dunia broadcasting dan public speaking.

Berdiri pada 13 Februari 1989 dengan nama Polytechnic Limited Broadcasting System (PLBS FM). Mulai saat itu PLBS FM mengudara dengan peralatan yang sederhana mencoba memberikan warna baru khususnya di dalam kampus Politeknik Negeri Semarang. Dengan tag line “Campus Info and Music Line”, PLBS FM berusaha menjadi sumber informasi tentang dunia kampus khususnya Politeknik Negeri Semarang, selain itu juga menjadi sebuah warna baru dalam dunia radio non komersil.

PLBS FM juga sempat mengalami masa dimana harus vakum dari dunia radio selama 1 tahun dengan tidak mengudara, karena ada berbagai masalah management dan kendala yang menjadikan PLBS FM tidak bisa mengudara. Namun dengan tekad dan motivasi yang kuat baik dari pihak kampus dan juga mahasiswa yang memang sangat mencintai dunia radio maka kevakuman itu bisa diakhiri satu tahun setelahnya.

 

NEW PLBS FM

Dimulai dengan serangkaian acara untuk menyambut kembali UKM Radio Kampus yang sempat vakum, diantaranya dengan acara Reborn Party. Sebuah acara untuk menyambut lahirnya kembali PLBS FM yang sempat mati suri, kemudian dengan tetap menggunakan nama PLBS FM namun dengan ditambahkan “New” di depan. New PLBS FM menjadi sebuah radio kampus yang step by step mencoba kembali berjaya.

 

VISI

Sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang broadcasting dan Public speaking serta menjadi media komunikasi dan informasi yang strategis dan bermanfaat secara langsung kepada warga di dalam maupun di luar Politeknik Negeri Semarang.

 

MISI

  1. mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas internal crew New PLBS FM dengan cara mengadakan pelatihan di bidang broadcasting,

  2. menghasilkan program siaran yang menghibur, informatif dan inovatif, dan

  3. membangun dan meningkatkan kerjasama antar radio komunitas dan radio swasta.

 

PROFIL RADIO

New PLBS FM memilki frekuensi 107.4 FM dengan jarak siaran ± 2,5 km dari kampus Polines dan web streaming 1074newplbs.caster.fm dengan jarak siaran lebih dari 2,5 km.

 

PROGRAM SIARAN

 

 

LOKASI

PKM Kampus Polines

Jl. Prof. H. Sudarto, S.H., Tembalang

 

MEDIA SOSIAL

 

STO

UKM New PLBS FM dalam kepengurusannya tahun 2019/2020 beranggotakan 83 orang. Terdiri dari 19 anggota laki-laki dan 64 anggota perempuan,. Anggota New PLBS FM biasa dipanggil dengan sebutan ‘Crew’.

Dalam struktur organisasi terdapat tiga departemen dan satu divisi non departemen. UKM New PLBS FM dipimpin oleh seorang General Manager yang juga termasuk dalam pengurus inti bersama dengan Deputy Manager, Sekretaris, Bendahara, Divisi Non Departemen Penelitian dan Pengembangan yang selanjutnya akan disingkat menjadi Litbang dan dikepalai oleh Kepala Divisi Litbang. Departemen lain di bawahnya yaitu On Air yang dipimpin oleh Program Director dengan membawahi 5 divisi yaitu Divisi Programming, Divisi Produksi, Divisi Music Director, Divisi News, dan Divisi Teknisi. Off Air yang dipimpin oleh Leader Organizer dengan membawahi 3 divisi yaitu Divisi Marketing, Divisi Public Relation, dan Divisi Event Organizer. Human Resource Development yang dipimpin oleh Kepala Departemen HRD dengan membawahi 2 divisi yaitu Divisi Personalia dan Divisi Rumah Tangga.

 

FUNGSI TUPOKSI

1. Departemen On Air

  1. Divisi Programming
  • Membuat jadwal siaran rutin yang berlaku 2 minggu

  • Produser bekerja mengingatkan penyiar untuk siaran (dalam sehari ada 2 produser)

  • Mengadakan dan membuat kuis di program rock in time

  • Mengadakan talkshow di program Soda Gembira

 

b. Divisi Produksi

  • Membuat pamflet siaran, acara, dan hari besar untuk kebutuhan media sosial New PLBS FM

  • Membuat video berhubungan dengan kegiatan New PLBS FM

  • Mengelola bagian MMT, pamflet, video, dan jingle siaran

 

c. Divisi Music Director

  • Bertanggung jawab menyiapkan lagu untuk kebutuhan kerja On Air maupun Off air

  • Senantisa menambahkan lagu-lagu terbaru untuk mendukung kelancaran proker On Air maupun Off air New PLBS FM

  • Memonitoring dan memperbaiki lagu-lagu yang rusak atau salah kriteria untuk memastikan lagu sesuai dengan kriteria yang seharusnya

  • Menjalin kerjasama dengam komunitas music director region Semarang untuk mendapatkan lagu ber-lisensi sekaligus branding New PLBS FM

 

d. Divisi News

  • Mencari berita untuk materi siaran disemua progam sesuai jadwal yang telah disepakati

  • Meliput event-event di Polines maupun yang ada di luar Polines

  • Take suara artis untuk jingle

  • Membuat script iklan layanan masyarakat

  • Mengirim berita untuk di-upload di sosmed New PLBS FM

 

e. Divisi Teknisi

  • Memperbaiki sistem saat ada trouble saat siaran

  • Merawat dan memperbaiki alat On Air di kokpit

  • Memelihara dan memperbaiki peralatan teknis siaran

  • Menjaga dan meningkatkan kualitas siaran dan kokpit untuk siaran

 

2. Departemen Off Air

a. Divisi Event Organizer

  • Memastikan berjalannya proker-proker New PLBS FM

  • Menjamin tercapainya tujuan setiap proker

  • Mengatur jalannya acara

 

b. Public Relations

  • Menyebarkan informasi mengenai New PLBS FM secara cepat, tepat, dan akurat kepada pihak internal dan eksternal.

  • Menciptakan suasana harmonis dengan seluruh pihak juruaan, ormawa, perburuan tinggi serta pihak sponsor

  • Mempromosikan media partner ke dalam maupun luar Polines

  • Menjalin kerjasama dengan pihak lain atau media partner di dalam maupun di luar Polines

  • Mengumpulkan informasi untuk kepentingan New PLBS FM

  • Menjalankan media sosial sebagai bentuk pelayanan interaksi dengan pihak lain.

 

c. Divisi Marketing

  • Bertanggung jawab mencari dana sebagai sumber biaya untuk semua proker

  • Mengatur dan menjalankan dana usaha di New PLB FM

  • Sebagai penanggung jawab terlaksananya inovasi-inovasi yang menghasilkan keuntungan atau sumber dana

 

3. Departemen HRD

a. Divisi Personalia

  • Mengelola layanan administrasi keanggotaan New PLBS FM dengan cepat dan akurat

  • Menyediakan informasi yang mutakhir, lengkap, dan akurat

  • Melaksanakan program-program pembinaan secara teratur dan terus-menerus

 

b. Divisi Rumah Tangga

  • Bertanggungjawab dalam inventaris dan peminjaman barang

  • Melakukan pengecekan pemasukan dan pengeluaran dana bagian inventaris

  • Mengadakan orak-arik studio (ruang pkm lama) setiap 3 bulan sekali

  • Melakukan pembaharuan inventaris

  • Melakukan pengadaan kebutuhan investaris

 

PROGRAM KERJA DAN EVENT

UKM New PLBS FM saat ini memiliki beberapa kegiatan yang dapat mewadahi para anggotanya dalam bidang broadcasting dan public speaking seperti :

  1. Musyawarah Besar AD/ART

Merupakan kegiatan tahunan untuk menetapkan anggaran dasar dan rumah tangga yang diikuti oleh crew New PLBS FM. Musyawarah besar yang dibarengi dengan dilaksanakannya rapat kerja.

2. Pelatihan On Air

Kegiatan pelatihan untuk membekali crew New PLBS FM dalam melakukan kegiatan harian yaitu berupa siaran radio. Pelatian On Air dikhususkan untuk memberikan pengetahuan mengenai tata cara siaran yang baik dan benar sesuai dengan aturan New PLBS FM. Pelatihan ini dilakukan dengan metode presentasi dan memberikan contoh secara langsung kepada crew, ditambah dengan praktik langsung dari crew yang sudah berpengalaman.

3. Pelatihan Teknisi

Kegiatan pelatihan untuk membekali crew dalam melakukan kegiatan harian yaitu berupa siaran radio. Pelatihan Teknisi dikhususkan untuk memberikan pengetahuan mengenai perangkat siaran baik software maupun hardware yang digunakan dan memberi pengetahuan untuk menyelesaikan masalah bila terjadi troble pada perangkat siaran. Pelatihan ini dilakukan dengan metode presentasi, memberikan contoh secara langsung kepada crew dan dengan praktik langsung dari crew yang sudah berpengalaman.

4. Welcome Party

Merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru yang akan bergabung dengan keluarga New PLBS FM, dengan memberikan pengenalan tentang New PLBS FM sekaligus sebagai tempat untuk berkenalan dengan mahasiswa baru yang akan menjadi bagian dari New PLBS FM.

5. Pelatihan “Speaklah”

Merupakan kegiatan pelatihan siaran dan public speaking yang diberikan oleh komunitas Speaklah yang telah bekerja sama dengan New PLBS FM. Pelatihan Speaklah berguna untuk membekali crew dalam melakukan siaran radio setiap harinya dan mengikuti lomba siar.

6. Kunjungan Radio Swasta

Merupakan kegiatan mengunjungi stasiun radio swasta untuk melakukan banding dan bertukar informasi mengenai dunia radio. Dari kegiatan ini dapat mengetahui program andalan, peralatan, sistem siaran dan juga sasaran pendengar radio. Kunjungan Radio Swasta rutin dilakukan setiap tahunnya.

7. Pelatihan MC

Kegiatan untuk melatih crew New PLBS FM dalam public speaking. Pelatihan MC dikhususkan untuk memberikan pengetahuan tentang public speaking mengenai cara ber-public speaking dan praktek dalam job MC. Pelatihan ini guna menjadi bekal crew New PLBS FM dalam menerima job sebagai MC dari dalam maupun luar Polines.

8. Pendidikan Dasar Siar (Pendasiar)

Kegiatan pendidikan dasar, untuk memberikan pengetahuan secara mendasar kepada calon crew New PLBS FM agar dapat mengetahui dan memiliki wawasan tentang New PLBS FM dan dunia penyiaran radio. Kegiatan Pendasiar dilakukan secara rutin setiap tahun pada tahun ajaran baru.

9. Magang Siar

Kegiatan yang dilakukan oleh calon crew New PLBS FM dengan melakukan kunjungan kepada setiap divisi untuk mengatahui tugas dan fungsi setiap divisi secara mendasar dengan disertai games yang menarik. Magang ini dilakukan dalam satu hari.

10. Magang Keliling

Merupakan kegitan yang dilakukan oleh calon crew New PLBS FM dengan melakukan kunjungan kepada setiap divisi untuk mengatahui fungsi dan tugas dari tiap-tiap divisi di UKM New PLBS FM secara mendetail. Dan akan diberikan contoh secara langsung pada saat Magang Keliling.

11. Makrab 1

Merupakan kegiatan yang menjadi ajang perkenalan antar crew New PLBS FM khususnya dengan para mahasiswa yang baru bergabung. Kegiatan malam keakbaran berguna agar persaudaraan antar crew New PLBS FM dapat terjaga.

12. Makrab 2

Kegiatan yang diadakan untuk mempererat persaudaraan antar crew New PLBS FM setelah pembentukan STO baru. Makrab 2 ini sekaligus digunakan untuk kegiatan pelantikan STO baru. Kegiatan malam keakbaran berguna agar persaudaraan antar anggota New PLBS FM dapat terjaga.

13. Kunjungan Radio Komunitas

Kegiatan mengunjungi stasiun radio kampus lain untuk melakukan banding dan bertukar informasi mengenai dunia radio. Dari kegiatan ini dapat mengetahui program andalan, peralatan,sistem siaran dan juga sasaran pendengar radio. Kunjungan Radio Komunitas ini  rutin dilakukan setiap tahunnya.

14. Galaksiar

Merupakan event terbesar New PLBS FM yang terdiri dari seminar dan lomba siar yang digelar di Polines dengan peserta lomba tingkat SMA hingga Mahasiswa. Kegiatan diawali dengan seminar tentang penyiaran dan public speaking dengan Guest Stars yang telah berpengalaman di bidangnya dan disambung dengan lomba siaran. Selain kegiatan seminar dan lomba siar, kegiatan ini sekaligus untuk merayakan HUT UKM New PLBS FM.

15. Abdimas

Kegiatan yang bertujuan untuk membantu dan berbagi kepada masyarakat dengan terjun langsung kepada masyarakat. Kegiatan ini memberikan kontribusi secara nyata kepada masyarakat khususnya mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat dan diadakan atas kesuksesan dari acara Galaksiar.

16. Re-Organisasi

Kegiatan untuk berganti masa kepengurusan UKM New PLBS FM. Kegiatan diawali dengan orasi dan tanya jawab kepada para calon General Manager dilanjutkan dengan penentuan General Manager yang akan menjabat pada tahun kepengurusan baru melalui musyawarah. Dengan telah terpilihnya General Manager tahun kepengurusan baru lalu disambung dengan menunjuk crew baru sesuai divisi masing-masing.

POLYTECHNIC ENGLISH CONVERSATION CLUB

(PECC)

 

UKM PECC merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan keterampilan berbahasa Inggris bagi anggota aktif pada khususnya mahasiswa Politeknik Negeri Semarang pada umumnya. Berdiri sejak 10 Oktober 1994.

 

VISI

Mengembangkan potensi mahasiswa Politeknik Negeri Semarang dalam kemampuan berbahasa Inggris dan berorganisasi sehingga terbentuk mahasiswa yang berkualitas dan mumpuni di era globalisasi.

MISI

(1) Memfasilitasi dan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris baik secara lisan maupun tulisan khususnya officers of PECC dan mahasiswa Politeknik Negeri Semarang.

(2) Menciptakan serta meningkatkan hubungan yang baik dan berkesinambungan baik secara eksternal maupun internal UKM PECC.

(3) Menjadikan UKM PECC menjadi lebih baik dan dikenal luas dikalangan Politeknik Negeri Semarang dan di dunia luar melalui program kerja yang ada.

(4) Berperan aktif dalam meningkatkan prestasi mahasiswa Politeknik Negeri Semarang khususnya di bidang bahasa Inggris.

 

STRUKTUR ORGANISASI 2019/2020

 

TUPOKSI PER BIDANG

  1. Daily Officer

Daily Officer terdiri dari 7 officer diantaranya Leader, Vice Leader 1 dan 2, Treasurer dan Secretary. Bertugas mengontrol semua program kerja yang dijalankan. Berperan mengawasi dan mengontrol system yang dijalankan dalam PECC.

  1. Grammar Department

Department ini bergerak di bidang grammar yaitu Melaksanakan kegiatan Grammar Class dan pelatihan keterampilan anggota dalam menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan kaidah-kaidan dan aturan-aturan berbahasa inggris yang baik dan benar.

  1. Debate Department

Department yang mendalami materi tentang segala dunia debate, seperti beradu argument dan berpikir kritis. Melaksanakan kegiatan dan pelatihan debat bahasa Inggris serta mempersiapkan delegasi untuk diikutkan ke ajang kompetisi debat bahasa Inggris.

  1. Conversation Department

Department yang mempelajari tentang mengimplementasikan skill English di kehidupan sehari-hari terutama komunikasi dengan Bahasa Inggris.

  1. Public Speaking Department

Melaksanakan kegiatan pelatihan MC, speech (pidato), dan news casting (membawakan berita) menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan aturan-aturan berbahasa inggris yang baik dan benar yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi bahasa Inggris.

  1. Movie and Story Telling Department

Melaksanakan kegiatan Movie and Story Telling Class dan ketrampilan berbahasa Inggris terutama ketrampilan mendengarkan dan berbicara serta pelatihan kegiatan story telling yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi bahasa Inggris.

  1. Human Resource Development Department

Menggali sumber daya manusia di PECC, mencari kader-kader pengurus PECC selanjutnya di akhir periode dan menjaga kenyamanan dari setiap anggota.

  1. Household Department

Bertugas sebagai department yang mengkoordinir rumah tangga PECC. Menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan daily activity.

  1. Public Relation

Memberikan informasi mengenai lomba, beasiswa, maupun perkembangan UKM PECC. Menjalin kerjasama intern dan ekstern serta menjalankan media sebagai bentuk pelayanan informasi interaktif.

 

PROGRAM KERJA

1. INTERNATIONAL DINNER

Kalian foreign language enthusiast? Wajib banget tau apa itu international Dinner dan datang ke event ini. Di acara ini kita bisa ngobrol bareng bule bule dari berbagai Negara lain, bisa dinner satu meja dengan mereka. Ada beberapa native yang kami datangkan, mulai dari Italia, Cina, Jepang dan masih banyak lainnya. Curious enough? Don’t miss it guys!

 

2. HECTION (High School English Competition)

HECTION is the biggest working program of PECC. Kompetisi di bidang bahasa Inggris bagi kalangan siswa/siswi SMA/SMK /Sederajat tingkat Jawa Tengah dan DIY. Ada 4 mata perlombaan dalam Hection yaitu Speech, News Casting, Storytelling dan Debate.

 

3. INTERCOMP

INTERCOMP adalah kompetisi yang diselenggarakan PECC untuk mahasiswa Polines di bidang bahasa Inggris. Tujuan dari kompetisi ini diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan kemampuannya dalam bahasa inggris, meningkatkan atmosphere bahasa inggris di Polines. If you have a skill on it, let’s join with us!

 

PROGRAM KEUNGGULAN

Berbagai keunggulan PECC antara lain sebagai berikut :

1) PECC sebagai tempat seluruh mahasiswa untuk belajar berbahasa Inggris bersama, baik yang sudah memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik maupun yang baru ingin berlatih berbahasa inggris.

2) PECC bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi.

3) PECC mengikuti berbagai macam kompetisi Bahasa Inggris untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris.

4) PECC memiliki berbagai kegiatan bernuansa internasional seperti International Dinner yang dihadiri oleh peserta dari negar lain serta English Day yang diadakan setiap minggunya.

5) Kegiatan Daily Class yang dapat mengembangkan skill di bidang Bahasa Inggris yang terdiri dari berbagai macam kelas seperti Public Speaking Class, Debate Class, Movie and Story Telling Class, Conversation Class dan Grammar Class.

 

PRESTASI

  1. Juara 2 Debate NPEO 2018

  2. Juara 7 NUDC Kopertis VI 2018

  3. Juara 2 dan 3 Debate in Soegijapranata Debate Championship 2018

  4. The best speaker in Soegijapranata Debate Championship 2018

  5. Juara 1 Winner Speech NPEO 2019

  6. Juara 4 Runner Up Newscasting NEPO 2019

  7. Juara 4 Best Speaker Debate NPEO 2019

 

MEDIA SOSIAL

Deskripsi KoNSeP

UKM Komunitas Seni Polines merupakan satu-satunya unit kegiatan mahasiswa di Politeknik Negeri Semarang yang bergerak di bidang Kesenian. Nama UKM Komunitas Seni Polines diresmikan pada tanggal 21 Juni 2003. Penulisan singkatan UKM Komunitas Seni Polines dengan ketentuan huruf konsonan kapital dan huruf vokal kecil yaitu KoNSeP dan gambar lingkaran sebagai garis tepi. Tempat kedudukan yaitu Keraton KoNSeP yang di pimpin oleh seorang Prabu. Prinsip UKM KoNSeP adalah kebebasan yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan ekspresi dan obyektif. Mempunyai sifat berkesenian yang demokratis, kekeluargaan, independen dan internal.

Fungsi UKM KoNSeP adalah sebagai satu-satunya sarana pembangunan dan penyaluran minat dan bakat Mahasiswa Polines dalam bidang seni dan berorganisasi. Tujuannya adalah menumbuhkan dan mengembangkan minat bakat dan kemampuan mahasiswa untuk berekspresi seni dan berorganisasi sebagai upaya mendorong mahasiswa untuk lebih berprestasi.

Anggota UKM KoNSeP berasal dari mahsaiswa yang terdaftar dan pernah terdaftar sebagai mahasiswa Polines. Keanggotaan bersifat seumur hidup, kecuali ada hal-hal yang menyebabkan status keanggotaan dicabut. Anggota UKM KoNSeP terdiri dari anggota aktif dan anggota pasif. Selama ini UKM KoNSeP berusaha menjalin hubungan baik dengan seluruh ormawa di Polines maupun komunitas-komunitas seni di Semarang. Selain menjalankan program kerja yang telah ditetapkan pada awal kepengurusan, UKM KoNSeP juga menerima Job untuk mebgisi acara baik dalam maupun luar Polines.

 

Visi dan Misi

Visi :

Mewujudkan UKM Komunitas Seni Polines sebagai satu-satunya wadah berkembangnya kreativitas seni dan berorganisasi dengan berdasar pada prinsip kekeluargaan.

Misi :

  1. Mengembangkan kreativitas dan potensi pada ke-5 sub, melalui proses berkaraya dan berorganisasi

  2. Mewujudkan sistem keorganisasian yang solid dengan menjunjung tinggi rasa peduli dan sadar tanggung jawab.

  3. Memupuk budaya gotong-royong dan musyawarah dalam menghadapi hambatan dan menjalankan proses berkarya dan berorganisasi.

 

STO dan Tupoksi Bidang

1. Prabu (Ketua UKM KoNSeP)

  • Memimpin organisasi KoNSeP dalam menjalankan kinerjanya.

  • Membuat dan merancang proker selama 1 periode.

  • Menjelaskan job description setiap bagian organisasi baru.

  • Bertanggung jawab atas semua pelaksanaan program kerja.

  • Membuat Laporan Pertanggungjawaban intern.

  • Memilih dan melantik pengurus KoNSeP.

  • Memberhentikan dan mengganti pengurus dengan melihat faktornya.

  • Mencabut status keanggotaan anggota KoNSeP.

  • Berwenang membuat kebijakan yang berlaku selama masa kepengurusan.

 

2. Patih (Litbang UKM KoNSeP)

  • Pengembangan personalia UKM KoNSeP.Persiapan regenerasi kepengurusan UKM KoNSeP.

  • Pemecahan masalah personal antar anggota aktif UKM KoNSeP.

  • Tindakan prefentif terhadap segala hal yang kemungkinan terjadi dalam periode kepengurusan.

  • Membangun relasi antara anggota aktif dan anggota pasif.

  • Pengembangan karakter bagi seluruh anggota aktif UKM KoNSeP.

  • Memantau Kebijakan-kebijakan yang diambil oleh ketua maupun pengurus UKM KoNSeP.

  • Memantau dan menjaga setiap kegiatan ataupun tindakan sesuai AD/ART UKM KoNSeP periode 2017/2018.

  • Memantau dan mengawasi program kerja.

  • Memantau dan mengawasi kinerja kepanitian program kerja.

  • Mengontrol kualitas program kerja.

  • Membantu scheduling dan re-scheduling program kerja.

  • Menyelenggarakan rapat koordinasi bulanan, rapat kerja, sidang AD/ART, makrab STO.

 

3. Waprabu (Wakil Ketua UKM KoNSeP)

  • Menggantikan posisi Prabu apabila terdapat hal yang menyebabkan Prabu berhalangan hadir pada kegiatan dan tidak mampu memenuhi kewajibannya.

  • Menjaga keharmonisan hubungan antar sub dan seluruh anggota.

  • Wajib mengadakan koordinasi sub dan melaporkan pada saat koordinasi bulanan.

 

4. Juru Tulis UKM KoNSeP

  • Menjalankan kegiatan administratif.

  • Menyusun proposal kegiatan dan LPK (Laporan Pelaksanaan Kegiatan).

  • Menyusun LPJ (Laporan Pertanggungjawaban).

 

5. Bendahara UKM KoNSeP

  • Bertanggung jawab untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran dana.

  • Mengarsipkan bukti asli penerimaan dan pengeluaran yang telah tervalidasi.

  • Mengkoordinir kegiatan penyusunan anggaran dan biaya organisasi.

  • Mengontrol efektifitas dan efisiensi pengeluaran.

  • Mengurus pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas.

  • Menyusun laporan keuangan.

  • Melaporkan transparansi dana pada saat rapat koordinasi bulanan.

  • Mengingatkan prabu dalam hal schedule satu periode kedepan.

 

6. HUMAS PUSAT UKM KoNSeP

  • Menjalin hubungan baik di dalam maupun di luar Polines.

  • Mengurus perijinan di lembaga Politeknik Negeri Semarang.

  • Memperkenalkan dan mempromosikan KoNSeP Mencari channel agar KoNSeP mendapatkan job untuk mengisi acara di luar.

  • Berkoordinasi bersama humas luar agar konsep mendapatkan job

 

7. HUMAS LUAR UKM KoNSeP

  • Bertanggungjawab langsung mengenai kegiatan diluar konteks latihan rutin.

  • Menjaga hubungan dan berpartisipasi aktif dengan organisasi maupun komunitas sejenis yang berhubungan langsung dengan sub yang ada di KoNSeP.

  • Mencari informasi tentang kompetisi, job, maupun event yang berhubungan langsung dengan sub yang ada di KoNSeP.

  • Menjadi penggerak anggota sub untuk menjalin hubungan dengan komunitas seni lain yang berhubungan langsung dengan sub yang ada di KoNSeP.

 

8. Abdi Dalem (Rumah Tangga UKM KoNSeP)

  • Mengontrol surat masuk peminjaman dan pembukuan.

  • Saling mengkoordinir antar RT agar berjalan sesuai dengan jobdesc masing-masing.

  • Bertanggung jawab mengelola kas RT.

  • Menata dokumentasi tahun kepengurusan

  • Inventarisasi barang di keraton, gudang dan studio

  • Mengkoordinir setiap anggota KoNSeP untuk menjaga, merawat dan memperbaiki barang di keraton, gudang dan studio

  • Mengelola peminjaman barang dan alat-alat di keraton, gudang dan studio.

  • Mengkoordinir setiap anggota KoNSeP untuk mejaga kebersihan di keraton, gudang, studio, dan sekitarnya.

 

9. Ketua Sub UKM KoNSeP

  • Bertanggungjawab atas sub yang dipimpin.

  • Menjaga keharmonisan dan kekeluargaan antar anggota sub.

  • Membuat, mengadakan, mengkoordinasi dan mengawasi kegiatan di sub.

  • Melakukan evaluasi terhadap kegiatan dalam sub.

  • Wajib melaporkan perkembangan sub pada saat rapat koordinasi sub

  • Menampung dan menyampaikan aspirasi anggota sub.

 

10. Wakil Ketua Sub UKM KoNSeP

  • Bersinergi dengan kasub dalam menjalankan kegiatan sub

  • Mendukung kinerja dari Kasub.

  • Memantau perkembangan cabang seni yang terdapat dalam sub tersebut dengan kasub.

  • Bertanggung jawab langsung dengan tugas kasub apabila kasub tidak ditempat.

  • Meningkatkan kualitas dan menjaga kuantitas setiap anggota sub.

 

PROKER UKM KONSEP (6 Bulan) 

a. Pra Sidang AD/ART

Kegiatan yang dilakukan saat Pra Sidang AD/ART adalah membahas dan mencatat poin-poin pada pasal yang akan diubah (27 Juni 2019).

 

b. Sidang AD/ART

Kegiatan yang dilakukan saat Sidang AD/ART adalah menentukan dan meutuskan perubahan atau penetapan pasal (29 Juni 2019)

 

c. Baksos dan HUT KoNSeP

Kegiatan yang dilakukan adalah bakti sosial di Panti Asuhan dan merayakan hari jadi UKM KoNSeP yang ke-19 di parkiran PKM Polines (7 Juli 2019).

 

d. Raker dan Makrab

Kegiatan yang dilakukan saat adalah pembahasan proker kedepan dan melakukan pemilihan ketua pelaksana yang akan bertanggung jawab dalam menjalankan proker-proker kedepan.

Kegiatan yang dilakukan saat makrab adalah pendekatan atau pengakraban seluruh anggota KoNSeP (17-19 Agustus 2019).

 

e. Temu Perdana

Kegiatan yang dilakukan adalah pertemuan perdana antara anggota KoNSeP dengan mahasiswa baru ang ingin mengikuti UKM KoNSeP (12 September 2019).

 

f. Pendas

Kegiatan yang dilakukan adalah pendidikan dasar terhadap mahasiswa baru yang mengikuti UKM KoNSeP (28-29 eptember 2019).

 

g. PAB

Pelantikan mahasiswa baru untuk menjadi anggota resmi Komunitas Seni Polines (2-3 November 2019).

 

h. Pentas Kampus

Kegiatan yang dilakukan adalah pementasan yang dilakukan oleh mahasiswa baru yang mengikuti UKM KoNSeP.

 

i. Sendratasik

Pertunjukan Seni drama, tari, dan musik yang dilakukan oleh anggota KoNSeP sebagai wadah penyaluran bakat dan kreativitas anggota.

 

Citra KoNSeP

UKM Komunitas Seni Polines adalah UKM yang mengedepankan hal kesenian dan menjunjung tinggi asas kekeluargaan. Dalam UKM KoNSeP tidak mengenal seleksi dalam hal menerima anggota baru sehinga membuat UKM KoNSeP memiliki sangat banyak anggota aktif dan bervariatif dari berbagai macam daerah. Dalam UKM KoNSeP juga mengedapankan sharing ilmu dalam bidang seni, dan tidak mengandalkan pelatih dari luar Polines, sehingga karya yang di ciptakan pure dari kreasi mahasiswa Polines.

Dengan tidak adanya seleksi dalam hal penerimaan anggotanya bukan berarti UKM KoNSeP tidak memiliki kualitas di dalamnya. Ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang telah dijuarainya di dalam bidang seni. Mulai dari seni tarik suara hingga seni peran punya koleksi prestasi yang telah disumbangkan.

 

HUT DAN BAKSOS

 

SENDRATASIK

 

PAB

 

PENDAS

 

 

Dimensi merupakan satu-satunya Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang berada di lingkaran Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Politeknik Negeri Semarang. Kami memang tidak tahu tanggal pasti kapan berdirinya LPM Dimensi. Kami pun sudah mencari-cari tahu dan hasilnya tetap tidak ada kepastian. Oleh karena itu, berdasarkan musyawarah yang dilakukan oleh Anggota Badan Pekerja yang terdiri dari Pemimpin Umum (PU) periode 2018/2019, tiga orang pemimpin pilar periode 2018/2019, tiga kru perwakilan dari tingkat satu periode 2018/2019 yang dipilih oleh PU, dan PU periode 2017/2018 mengusulkan untuk ditetapkannya tanggal lahir LPM Dimensi. Kemudian pada Sabtu, 14 Juli 2018 yang bertepatan dengan sidang umum AD/ART, Gambaran Umum dan Petunjuk Pelaksanaan disepakati bahwa tanggal lahir LPM Dimensi yaitu 9 Febuari 1988. Yang mana 9 Febuari dipilih karena bertepatan dengan Hari Pers Nasional dan tahun 1988 dipilih berdasarkan tahun pertama majalah LPM Dimensi terbit.

Dimensi selaku LPM berusaha menjalankan perannya sebagai pers yang dituntut independen dan tidak menurut pada institusi atau siapa saja yang hendak menyetir langkah Dimensi. Kami akan menjadi lembaga yang independen namun tetap dalam koridor yang tepat sesuai dengan UU RI No 40 tahun 1999 tentang Pers serta Kode Etik Jurnalistik. Kami akan bergerak sesuai idiologi kami sebagai Pers Mahasiswa. Kami akan terus berusaha menjaga tugas kami menjadi mata, telinga dan tangan dalam hal memberikan informasi, terkhusus bagi mahasiswa Politeknik Negeri Semarang.

Hidup Pers Mahasiswa !!!

 

Kegiatan LPM DIMENSI berupa pencarian dan peliputann berita di dalam maupun luar kampus POLINES, menerbitkan Bulletin  yang dikhususkan pada momen-momen tertentu, menerbitkan majalah setiap semester, menginformasikan kepada khalayak ramai terkhusus mahasiswa polines tentang kegiatan-kegiatan yang ada di semarang dan sekitarnya pada situs web LPM DIMENSI "KLIK DISINI"

 

 

 

A. Profil UKM Kewirausahaan

Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan atau biasa disingkat UKM KWU, merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di Politeknik Negeri Semarang yang bergerak di bidang ekonomi. UKM Kewirausahaan dipimpin oleh seorang ketua yang biasa disebut Direktur.

UKM KWU didirikan pada tanggal 13 Januari 2005 oleh seorang mahasiswa dari Jurusan Teknik Mesin yang bernama Kuntoro. UKM KWU menyatukan mahasiswa yang memiliki minat dan bakat untuk berwirausaha, serta mengajarkan tentang ilmu-ilmu berwirausaha yang tepat. UKM KWU membina dan melatih pengurusnya menjadi wirausaha muda yang siap menghadapi persaingan dunia.

UKM KWU Polines mempunyai hubungan baik dengan HIPMI PT POLINES. Dalam kegiatanya UKM KWU Polines dengan HIPMI PT POLINES bergerak di bidang kewirausahaan dan saling bekerja sama serta saling menghargai satu sama lain.

B. Visi dan Misi

  1. Visi

Membangun jati diri seorang pengusaha di kalangan mahasiswa dengan semangat jiwa Entrepreneurship, religius, Good Morality, loyalitas serta mempunyai komitmen untuk mewujudkan UKM yang mandiri.

2. Misi

  1. Mengembangkan pola pikir mahasiswa dengan menanamkan jiwa wirausaha dan menggali potensi diri untuk mewujudkan SDM yang berkualitas.
  2. Membangun wirausahawan sejati sejalan perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menciptakan solidaritas seluruh anggota UKM KWU dengan semangat kebersamaan.

C. Tujuan UKM KWU

  1. UKM KWU didirikan dengan tujuan sebagai berikut:
  2. Membina pribadi mahasiswa yang bertanggung jawab dan berbudi pekerti luhur berdasarkan nilai-nilai Pancasila
  3. Menggali, membina, dan mengembangkan potensi mahasiswa pada bidang kewirausahaan.
  4. Berperan aktif dalam pengabdian masyarakat dan menjunjung tinggi nama baik Politeknik Negeri Semarang.
  5. Menghasilkan pengusaha muda yang kreatif, inovatif, dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat.

D. Sifat UKM KWU

UKM KWU bersifat wirausaha, religius, kekeluargaan, demokratis, profesional, dan berorientasi pada mahasiswa Politeknik Negeri Semarang khususnya dan masyarakat pada umumnya.

  1. Struktur Organisasi