POLYTECHNIC ENGLISH CONVERSATION CLUB

(PECC)

 

UKM PECC merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan keterampilan berbahasa Inggris bagi anggota aktif pada khususnya mahasiswa Politeknik Negeri Semarang pada umumnya. Berdiri sejak 10 Oktober 1994.

 

VISI

Mengembangkan potensi mahasiswa Politeknik Negeri Semarang dalam kemampuan berbahasa Inggris dan berorganisasi sehingga terbentuk mahasiswa yang berkualitas dan mumpuni di era globalisasi.

MISI

(1) Memfasilitasi dan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris baik secara lisan maupun tulisan khususnya officers of PECC dan mahasiswa Politeknik Negeri Semarang.

(2) Menciptakan serta meningkatkan hubungan yang baik dan berkesinambungan baik secara eksternal maupun internal UKM PECC.

(3) Menjadikan UKM PECC menjadi lebih baik dan dikenal luas dikalangan Politeknik Negeri Semarang dan di dunia luar melalui program kerja yang ada.

(4) Berperan aktif dalam meningkatkan prestasi mahasiswa Politeknik Negeri Semarang khususnya di bidang bahasa Inggris.

 

STRUKTUR ORGANISASI 2019/2020

 

TUPOKSI PER BIDANG

  1. Daily Officer

Daily Officer terdiri dari 7 officer diantaranya Leader, Vice Leader 1 dan 2, Treasurer dan Secretary. Bertugas mengontrol semua program kerja yang dijalankan. Berperan mengawasi dan mengontrol system yang dijalankan dalam PECC.

  1. Grammar Department

Department ini bergerak di bidang grammar yaitu Melaksanakan kegiatan Grammar Class dan pelatihan keterampilan anggota dalam menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan kaidah-kaidan dan aturan-aturan berbahasa inggris yang baik dan benar.

  1. Debate Department

Department yang mendalami materi tentang segala dunia debate, seperti beradu argument dan berpikir kritis. Melaksanakan kegiatan dan pelatihan debat bahasa Inggris serta mempersiapkan delegasi untuk diikutkan ke ajang kompetisi debat bahasa Inggris.

  1. Conversation Department

Department yang mempelajari tentang mengimplementasikan skill English di kehidupan sehari-hari terutama komunikasi dengan Bahasa Inggris.

  1. Public Speaking Department

Melaksanakan kegiatan pelatihan MC, speech (pidato), dan news casting (membawakan berita) menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan aturan-aturan berbahasa inggris yang baik dan benar yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi bahasa Inggris.

  1. Movie and Story Telling Department

Melaksanakan kegiatan Movie and Story Telling Class dan ketrampilan berbahasa Inggris terutama ketrampilan mendengarkan dan berbicara serta pelatihan kegiatan story telling yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi bahasa Inggris.

  1. Human Resource Development Department

Menggali sumber daya manusia di PECC, mencari kader-kader pengurus PECC selanjutnya di akhir periode dan menjaga kenyamanan dari setiap anggota.

  1. Household Department

Bertugas sebagai department yang mengkoordinir rumah tangga PECC. Menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan daily activity.

  1. Public Relation

Memberikan informasi mengenai lomba, beasiswa, maupun perkembangan UKM PECC. Menjalin kerjasama intern dan ekstern serta menjalankan media sebagai bentuk pelayanan informasi interaktif.

 

PROGRAM KERJA

1. INTERNATIONAL DINNER

Kalian foreign language enthusiast? Wajib banget tau apa itu international Dinner dan datang ke event ini. Di acara ini kita bisa ngobrol bareng bule bule dari berbagai Negara lain, bisa dinner satu meja dengan mereka. Ada beberapa native yang kami datangkan, mulai dari Italia, Cina, Jepang dan masih banyak lainnya. Curious enough? Don’t miss it guys!

 

2. HECTION (High School English Competition)

HECTION is the biggest working program of PECC. Kompetisi di bidang bahasa Inggris bagi kalangan siswa/siswi SMA/SMK /Sederajat tingkat Jawa Tengah dan DIY. Ada 4 mata perlombaan dalam Hection yaitu Speech, News Casting, Storytelling dan Debate.

 

3. INTERCOMP

INTERCOMP adalah kompetisi yang diselenggarakan PECC untuk mahasiswa Polines di bidang bahasa Inggris. Tujuan dari kompetisi ini diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan kemampuannya dalam bahasa inggris, meningkatkan atmosphere bahasa inggris di Polines. If you have a skill on it, let’s join with us!

 

PROGRAM KEUNGGULAN

Berbagai keunggulan PECC antara lain sebagai berikut :

1) PECC sebagai tempat seluruh mahasiswa untuk belajar berbahasa Inggris bersama, baik yang sudah memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik maupun yang baru ingin berlatih berbahasa inggris.

2) PECC bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi.

3) PECC mengikuti berbagai macam kompetisi Bahasa Inggris untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris.

4) PECC memiliki berbagai kegiatan bernuansa internasional seperti International Dinner yang dihadiri oleh peserta dari negar lain serta English Day yang diadakan setiap minggunya.

5) Kegiatan Daily Class yang dapat mengembangkan skill di bidang Bahasa Inggris yang terdiri dari berbagai macam kelas seperti Public Speaking Class, Debate Class, Movie and Story Telling Class, Conversation Class dan Grammar Class.

 

PRESTASI

  1. Juara 2 Debate NPEO 2018

  2. Juara 7 NUDC Kopertis VI 2018

  3. Juara 2 dan 3 Debate in Soegijapranata Debate Championship 2018

  4. The best speaker in Soegijapranata Debate Championship 2018

  5. Juara 1 Winner Speech NPEO 2019

  6. Juara 4 Runner Up Newscasting NEPO 2019

  7. Juara 4 Best Speaker Debate NPEO 2019

 

MEDIA SOSIAL