Penerimaan Study Banding merupakan salah satu agenda dari Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang Tahun 2019/2020 Kabinet Aksi Inovasi. Study Banding sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan tali silaturrahmi, kesempatan untuk saling berbagi informasi serta meningkatkan pengetahuan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memunculkan inovasi-inovasi antar organisasi.

Kerjasama internasional kembali direalisasikan Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan mitra perguruan tinggi di luar negeri. Diantaranya dengan kampus di Bangkok, Thailand. Yaitu kegiatan visiting profesor yang dilakukan Prof. Dr. Muhammad Mukhlisin, dosen jurusan teknik sipil Polines di Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, King Mongkut's University of Technology Thonburi (KMUTT), Bangkok Thailand.

POLYTECHNIC ENGLISH CONVERSATION CLUB

(PECC)

 

UKM PECC merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan keterampilan berbahasa Inggris bagi anggota aktif pada khususnya mahasiswa Politeknik Negeri Semarang pada umumnya. Berdiri sejak 10 Oktober 1994.

 

VISI

Mengembangkan potensi mahasiswa Politeknik Negeri Semarang dalam kemampuan berbahasa Inggris dan berorganisasi sehingga terbentuk mahasiswa yang berkualitas dan mumpuni di era globalisasi.

MISI

(1) Memfasilitasi dan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris baik secara lisan maupun tulisan khususnya officers of PECC dan mahasiswa Politeknik Negeri Semarang.

(2) Menciptakan serta meningkatkan hubungan yang baik dan berkesinambungan baik secara eksternal maupun internal UKM PECC.

(3) Menjadikan UKM PECC menjadi lebih baik dan dikenal luas dikalangan Politeknik Negeri Semarang dan di dunia luar melalui program kerja yang ada.

(4) Berperan aktif dalam meningkatkan prestasi mahasiswa Politeknik Negeri Semarang khususnya di bidang bahasa Inggris.

 

STRUKTUR ORGANISASI 2019/2020

 

TUPOKSI PER BIDANG

  1. Daily Officer

Daily Officer terdiri dari 7 officer diantaranya Leader, Vice Leader 1 dan 2, Treasurer dan Secretary. Bertugas mengontrol semua program kerja yang dijalankan. Berperan mengawasi dan mengontrol system yang dijalankan dalam PECC.

  1. Grammar Department

Department ini bergerak di bidang grammar yaitu Melaksanakan kegiatan Grammar Class dan pelatihan keterampilan anggota dalam menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan kaidah-kaidan dan aturan-aturan berbahasa inggris yang baik dan benar.

  1. Debate Department

Department yang mendalami materi tentang segala dunia debate, seperti beradu argument dan berpikir kritis. Melaksanakan kegiatan dan pelatihan debat bahasa Inggris serta mempersiapkan delegasi untuk diikutkan ke ajang kompetisi debat bahasa Inggris.

  1. Conversation Department

Department yang mempelajari tentang mengimplementasikan skill English di kehidupan sehari-hari terutama komunikasi dengan Bahasa Inggris.

  1. Public Speaking Department

Melaksanakan kegiatan pelatihan MC, speech (pidato), dan news casting (membawakan berita) menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan aturan-aturan berbahasa inggris yang baik dan benar yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi bahasa Inggris.

  1. Movie and Story Telling Department

Melaksanakan kegiatan Movie and Story Telling Class dan ketrampilan berbahasa Inggris terutama ketrampilan mendengarkan dan berbicara serta pelatihan kegiatan story telling yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi bahasa Inggris.

  1. Human Resource Development Department

Menggali sumber daya manusia di PECC, mencari kader-kader pengurus PECC selanjutnya di akhir periode dan menjaga kenyamanan dari setiap anggota.

  1. Household Department

Bertugas sebagai department yang mengkoordinir rumah tangga PECC. Menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan daily activity.

  1. Public Relation

Memberikan informasi mengenai lomba, beasiswa, maupun perkembangan UKM PECC. Menjalin kerjasama intern dan ekstern serta menjalankan media sebagai bentuk pelayanan informasi interaktif.

 

PROGRAM KERJA

1. INTERNATIONAL DINNER

Kalian foreign language enthusiast? Wajib banget tau apa itu international Dinner dan datang ke event ini. Di acara ini kita bisa ngobrol bareng bule bule dari berbagai Negara lain, bisa dinner satu meja dengan mereka. Ada beberapa native yang kami datangkan, mulai dari Italia, Cina, Jepang dan masih banyak lainnya. Curious enough? Don’t miss it guys!

 

2. HECTION (High School English Competition)

HECTION is the biggest working program of PECC. Kompetisi di bidang bahasa Inggris bagi kalangan siswa/siswi SMA/SMK /Sederajat tingkat Jawa Tengah dan DIY. Ada 4 mata perlombaan dalam Hection yaitu Speech, News Casting, Storytelling dan Debate.

 

3. INTERCOMP

INTERCOMP adalah kompetisi yang diselenggarakan PECC untuk mahasiswa Polines di bidang bahasa Inggris. Tujuan dari kompetisi ini diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan kemampuannya dalam bahasa inggris, meningkatkan atmosphere bahasa inggris di Polines. If you have a skill on it, let’s join with us!

 

PROGRAM KEUNGGULAN

Berbagai keunggulan PECC antara lain sebagai berikut :

1) PECC sebagai tempat seluruh mahasiswa untuk belajar berbahasa Inggris bersama, baik yang sudah memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik maupun yang baru ingin berlatih berbahasa inggris.

2) PECC bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi.

3) PECC mengikuti berbagai macam kompetisi Bahasa Inggris untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris.

4) PECC memiliki berbagai kegiatan bernuansa internasional seperti International Dinner yang dihadiri oleh peserta dari negar lain serta English Day yang diadakan setiap minggunya.

5) Kegiatan Daily Class yang dapat mengembangkan skill di bidang Bahasa Inggris yang terdiri dari berbagai macam kelas seperti Public Speaking Class, Debate Class, Movie and Story Telling Class, Conversation Class dan Grammar Class.

 

PRESTASI

  1. Juara 2 Debate NPEO 2018

  2. Juara 7 NUDC Kopertis VI 2018

  3. Juara 2 dan 3 Debate in Soegijapranata Debate Championship 2018

  4. The best speaker in Soegijapranata Debate Championship 2018

  5. Juara 1 Winner Speech NPEO 2019

  6. Juara 4 Runner Up Newscasting NEPO 2019

  7. Juara 4 Best Speaker Debate NPEO 2019

 

MEDIA SOSIAL

SEJARAH

Berawal dari sekumpulan mahasiswa yang suka otak atik pemancar radio dan sebuah ide pun mengalir. Sebuah ide untuk membuat inovasi dalam dunia broadcasting khususnya di Politeknik Negeri Semarang kala itu dengan mendirikan sebuah UKM Radio Kampus. Polines sebagai pihak institusi pun menyambut baik berdirinya sebuah UKM dalam bidang minat bakat di dunia broadcasting dan public speaking.

Berdiri pada 13 Februari 1989 dengan nama Polytechnic Limited Broadcasting System (PLBS FM). Mulai saat itu PLBS FM mengudara dengan peralatan yang sederhana mencoba memberikan warna baru khususnya di dalam kampus Politeknik Negeri Semarang. Dengan tag line “Campus Info and Music Line”, PLBS FM berusaha menjadi sumber informasi tentang dunia kampus khususnya Politeknik Negeri Semarang, selain itu juga menjadi sebuah warna baru dalam dunia radio non komersil.

PLBS FM juga sempat mengalami masa dimana harus vakum dari dunia radio selama 1 tahun dengan tidak mengudara, karena ada berbagai masalah management dan kendala yang menjadikan PLBS FM tidak bisa mengudara. Namun dengan tekad dan motivasi yang kuat baik dari pihak kampus dan juga mahasiswa yang memang sangat mencintai dunia radio maka kevakuman itu bisa diakhiri satu tahun setelahnya.

 

NEW PLBS FM

Dimulai dengan serangkaian acara untuk menyambut kembali UKM Radio Kampus yang sempat vakum, diantaranya dengan acara Reborn Party. Sebuah acara untuk menyambut lahirnya kembali PLBS FM yang sempat mati suri, kemudian dengan tetap menggunakan nama PLBS FM namun dengan ditambahkan “New” di depan. New PLBS FM menjadi sebuah radio kampus yang step by step mencoba kembali berjaya.

 

VISI

Sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang broadcasting dan Public speaking serta menjadi media komunikasi dan informasi yang strategis dan bermanfaat secara langsung kepada warga di dalam maupun di luar Politeknik Negeri Semarang.

 

MISI

  1. mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas internal crew New PLBS FM dengan cara mengadakan pelatihan di bidang broadcasting,

  2. menghasilkan program siaran yang menghibur, informatif dan inovatif, dan

  3. membangun dan meningkatkan kerjasama antar radio komunitas dan radio swasta.

 

PROFIL RADIO

New PLBS FM memilki frekuensi 107.4 FM dengan jarak siaran ± 2,5 km dari kampus Polines dan web streaming 1074newplbs.caster.fm dengan jarak siaran lebih dari 2,5 km.

 

PROGRAM SIARAN

 

 

LOKASI

PKM Kampus Polines

Jl. Prof. H. Sudarto, S.H., Tembalang

 

MEDIA SOSIAL

 

STO

UKM New PLBS FM dalam kepengurusannya tahun 2019/2020 beranggotakan 83 orang. Terdiri dari 19 anggota laki-laki dan 64 anggota perempuan,. Anggota New PLBS FM biasa dipanggil dengan sebutan ‘Crew’.

Dalam struktur organisasi terdapat tiga departemen dan satu divisi non departemen. UKM New PLBS FM dipimpin oleh seorang General Manager yang juga termasuk dalam pengurus inti bersama dengan Deputy Manager, Sekretaris, Bendahara, Divisi Non Departemen Penelitian dan Pengembangan yang selanjutnya akan disingkat menjadi Litbang dan dikepalai oleh Kepala Divisi Litbang. Departemen lain di bawahnya yaitu On Air yang dipimpin oleh Program Director dengan membawahi 5 divisi yaitu Divisi Programming, Divisi Produksi, Divisi Music Director, Divisi News, dan Divisi Teknisi. Off Air yang dipimpin oleh Leader Organizer dengan membawahi 3 divisi yaitu Divisi Marketing, Divisi Public Relation, dan Divisi Event Organizer. Human Resource Development yang dipimpin oleh Kepala Departemen HRD dengan membawahi 2 divisi yaitu Divisi Personalia dan Divisi Rumah Tangga.

 

FUNGSI TUPOKSI

1. Departemen On Air

  1. Divisi Programming
  • Membuat jadwal siaran rutin yang berlaku 2 minggu

  • Produser bekerja mengingatkan penyiar untuk siaran (dalam sehari ada 2 produser)

  • Mengadakan dan membuat kuis di program rock in time

  • Mengadakan talkshow di program Soda Gembira

 

b. Divisi Produksi

  • Membuat pamflet siaran, acara, dan hari besar untuk kebutuhan media sosial New PLBS FM

  • Membuat video berhubungan dengan kegiatan New PLBS FM

  • Mengelola bagian MMT, pamflet, video, dan jingle siaran

 

c. Divisi Music Director

  • Bertanggung jawab menyiapkan lagu untuk kebutuhan kerja On Air maupun Off air

  • Senantisa menambahkan lagu-lagu terbaru untuk mendukung kelancaran proker On Air maupun Off air New PLBS FM

  • Memonitoring dan memperbaiki lagu-lagu yang rusak atau salah kriteria untuk memastikan lagu sesuai dengan kriteria yang seharusnya

  • Menjalin kerjasama dengam komunitas music director region Semarang untuk mendapatkan lagu ber-lisensi sekaligus branding New PLBS FM

 

d. Divisi News

  • Mencari berita untuk materi siaran disemua progam sesuai jadwal yang telah disepakati

  • Meliput event-event di Polines maupun yang ada di luar Polines

  • Take suara artis untuk jingle

  • Membuat script iklan layanan masyarakat

  • Mengirim berita untuk di-upload di sosmed New PLBS FM

 

e. Divisi Teknisi

  • Memperbaiki sistem saat ada trouble saat siaran

  • Merawat dan memperbaiki alat On Air di kokpit

  • Memelihara dan memperbaiki peralatan teknis siaran

  • Menjaga dan meningkatkan kualitas siaran dan kokpit untuk siaran

 

2. Departemen Off Air

a. Divisi Event Organizer

  • Memastikan berjalannya proker-proker New PLBS FM

  • Menjamin tercapainya tujuan setiap proker

  • Mengatur jalannya acara

 

b. Public Relations

  • Menyebarkan informasi mengenai New PLBS FM secara cepat, tepat, dan akurat kepada pihak internal dan eksternal.

  • Menciptakan suasana harmonis dengan seluruh pihak juruaan, ormawa, perburuan tinggi serta pihak sponsor

  • Mempromosikan media partner ke dalam maupun luar Polines

  • Menjalin kerjasama dengan pihak lain atau media partner di dalam maupun di luar Polines

  • Mengumpulkan informasi untuk kepentingan New PLBS FM

  • Menjalankan media sosial sebagai bentuk pelayanan interaksi dengan pihak lain.

 

c. Divisi Marketing

  • Bertanggung jawab mencari dana sebagai sumber biaya untuk semua proker

  • Mengatur dan menjalankan dana usaha di New PLB FM

  • Sebagai penanggung jawab terlaksananya inovasi-inovasi yang menghasilkan keuntungan atau sumber dana

 

3. Departemen HRD

a. Divisi Personalia

  • Mengelola layanan administrasi keanggotaan New PLBS FM dengan cepat dan akurat

  • Menyediakan informasi yang mutakhir, lengkap, dan akurat

  • Melaksanakan program-program pembinaan secara teratur dan terus-menerus

 

b. Divisi Rumah Tangga

  • Bertanggungjawab dalam inventaris dan peminjaman barang

  • Melakukan pengecekan pemasukan dan pengeluaran dana bagian inventaris

  • Mengadakan orak-arik studio (ruang pkm lama) setiap 3 bulan sekali

  • Melakukan pembaharuan inventaris

  • Melakukan pengadaan kebutuhan investaris

 

PROGRAM KERJA DAN EVENT

UKM New PLBS FM saat ini memiliki beberapa kegiatan yang dapat mewadahi para anggotanya dalam bidang broadcasting dan public speaking seperti :

  1. Musyawarah Besar AD/ART

Merupakan kegiatan tahunan untuk menetapkan anggaran dasar dan rumah tangga yang diikuti oleh crew New PLBS FM. Musyawarah besar yang dibarengi dengan dilaksanakannya rapat kerja.

2. Pelatihan On Air

Kegiatan pelatihan untuk membekali crew New PLBS FM dalam melakukan kegiatan harian yaitu berupa siaran radio. Pelatian On Air dikhususkan untuk memberikan pengetahuan mengenai tata cara siaran yang baik dan benar sesuai dengan aturan New PLBS FM. Pelatihan ini dilakukan dengan metode presentasi dan memberikan contoh secara langsung kepada crew, ditambah dengan praktik langsung dari crew yang sudah berpengalaman.

3. Pelatihan Teknisi

Kegiatan pelatihan untuk membekali crew dalam melakukan kegiatan harian yaitu berupa siaran radio. Pelatihan Teknisi dikhususkan untuk memberikan pengetahuan mengenai perangkat siaran baik software maupun hardware yang digunakan dan memberi pengetahuan untuk menyelesaikan masalah bila terjadi troble pada perangkat siaran. Pelatihan ini dilakukan dengan metode presentasi, memberikan contoh secara langsung kepada crew dan dengan praktik langsung dari crew yang sudah berpengalaman.

4. Welcome Party

Merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru yang akan bergabung dengan keluarga New PLBS FM, dengan memberikan pengenalan tentang New PLBS FM sekaligus sebagai tempat untuk berkenalan dengan mahasiswa baru yang akan menjadi bagian dari New PLBS FM.

5. Pelatihan “Speaklah”

Merupakan kegiatan pelatihan siaran dan public speaking yang diberikan oleh komunitas Speaklah yang telah bekerja sama dengan New PLBS FM. Pelatihan Speaklah berguna untuk membekali crew dalam melakukan siaran radio setiap harinya dan mengikuti lomba siar.

6. Kunjungan Radio Swasta

Merupakan kegiatan mengunjungi stasiun radio swasta untuk melakukan banding dan bertukar informasi mengenai dunia radio. Dari kegiatan ini dapat mengetahui program andalan, peralatan, sistem siaran dan juga sasaran pendengar radio. Kunjungan Radio Swasta rutin dilakukan setiap tahunnya.

7. Pelatihan MC

Kegiatan untuk melatih crew New PLBS FM dalam public speaking. Pelatihan MC dikhususkan untuk memberikan pengetahuan tentang public speaking mengenai cara ber-public speaking dan praktek dalam job MC. Pelatihan ini guna menjadi bekal crew New PLBS FM dalam menerima job sebagai MC dari dalam maupun luar Polines.

8. Pendidikan Dasar Siar (Pendasiar)

Kegiatan pendidikan dasar, untuk memberikan pengetahuan secara mendasar kepada calon crew New PLBS FM agar dapat mengetahui dan memiliki wawasan tentang New PLBS FM dan dunia penyiaran radio. Kegiatan Pendasiar dilakukan secara rutin setiap tahun pada tahun ajaran baru.

9. Magang Siar

Kegiatan yang dilakukan oleh calon crew New PLBS FM dengan melakukan kunjungan kepada setiap divisi untuk mengatahui tugas dan fungsi setiap divisi secara mendasar dengan disertai games yang menarik. Magang ini dilakukan dalam satu hari.

10. Magang Keliling

Merupakan kegitan yang dilakukan oleh calon crew New PLBS FM dengan melakukan kunjungan kepada setiap divisi untuk mengatahui fungsi dan tugas dari tiap-tiap divisi di UKM New PLBS FM secara mendetail. Dan akan diberikan contoh secara langsung pada saat Magang Keliling.

11. Makrab 1

Merupakan kegiatan yang menjadi ajang perkenalan antar crew New PLBS FM khususnya dengan para mahasiswa yang baru bergabung. Kegiatan malam keakbaran berguna agar persaudaraan antar crew New PLBS FM dapat terjaga.

12. Makrab 2

Kegiatan yang diadakan untuk mempererat persaudaraan antar crew New PLBS FM setelah pembentukan STO baru. Makrab 2 ini sekaligus digunakan untuk kegiatan pelantikan STO baru. Kegiatan malam keakbaran berguna agar persaudaraan antar anggota New PLBS FM dapat terjaga.

13. Kunjungan Radio Komunitas

Kegiatan mengunjungi stasiun radio kampus lain untuk melakukan banding dan bertukar informasi mengenai dunia radio. Dari kegiatan ini dapat mengetahui program andalan, peralatan,sistem siaran dan juga sasaran pendengar radio. Kunjungan Radio Komunitas ini  rutin dilakukan setiap tahunnya.

14. Galaksiar

Merupakan event terbesar New PLBS FM yang terdiri dari seminar dan lomba siar yang digelar di Polines dengan peserta lomba tingkat SMA hingga Mahasiswa. Kegiatan diawali dengan seminar tentang penyiaran dan public speaking dengan Guest Stars yang telah berpengalaman di bidangnya dan disambung dengan lomba siaran. Selain kegiatan seminar dan lomba siar, kegiatan ini sekaligus untuk merayakan HUT UKM New PLBS FM.

15. Abdimas

Kegiatan yang bertujuan untuk membantu dan berbagi kepada masyarakat dengan terjun langsung kepada masyarakat. Kegiatan ini memberikan kontribusi secara nyata kepada masyarakat khususnya mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat dan diadakan atas kesuksesan dari acara Galaksiar.

16. Re-Organisasi

Kegiatan untuk berganti masa kepengurusan UKM New PLBS FM. Kegiatan diawali dengan orasi dan tanya jawab kepada para calon General Manager dilanjutkan dengan penentuan General Manager yang akan menjabat pada tahun kepengurusan baru melalui musyawarah. Dengan telah terpilihnya General Manager tahun kepengurusan baru lalu disambung dengan menunjuk crew baru sesuai divisi masing-masing.

 

 

Dimensi merupakan satu-satunya Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang berada di lingkaran Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Politeknik Negeri Semarang. Kami memang tidak tahu tanggal pasti kapan berdirinya LPM Dimensi. Kami pun sudah mencari-cari tahu dan hasilnya tetap tidak ada kepastian. Oleh karena itu, berdasarkan musyawarah yang dilakukan oleh Anggota Badan Pekerja yang terdiri dari Pemimpin Umum (PU) periode 2018/2019, tiga orang pemimpin pilar periode 2018/2019, tiga kru perwakilan dari tingkat satu periode 2018/2019 yang dipilih oleh PU, dan PU periode 2017/2018 mengusulkan untuk ditetapkannya tanggal lahir LPM Dimensi. Kemudian pada Sabtu, 14 Juli 2018 yang bertepatan dengan sidang umum AD/ART, Gambaran Umum dan Petunjuk Pelaksanaan disepakati bahwa tanggal lahir LPM Dimensi yaitu 9 Febuari 1988. Yang mana 9 Febuari dipilih karena bertepatan dengan Hari Pers Nasional dan tahun 1988 dipilih berdasarkan tahun pertama majalah LPM Dimensi terbit.

Dimensi selaku LPM berusaha menjalankan perannya sebagai pers yang dituntut independen dan tidak menurut pada institusi atau siapa saja yang hendak menyetir langkah Dimensi. Kami akan menjadi lembaga yang independen namun tetap dalam koridor yang tepat sesuai dengan UU RI No 40 tahun 1999 tentang Pers serta Kode Etik Jurnalistik. Kami akan bergerak sesuai idiologi kami sebagai Pers Mahasiswa. Kami akan terus berusaha menjaga tugas kami menjadi mata, telinga dan tangan dalam hal memberikan informasi, terkhusus bagi mahasiswa Politeknik Negeri Semarang.

Hidup Pers Mahasiswa !!!

 

Kegiatan LPM DIMENSI berupa pencarian dan peliputann berita di dalam maupun luar kampus POLINES, menerbitkan Bulletin  yang dikhususkan pada momen-momen tertentu, menerbitkan majalah setiap semester, menginformasikan kepada khalayak ramai terkhusus mahasiswa polines tentang kegiatan-kegiatan yang ada di semarang dan sekitarnya pada situs web LPM DIMENSI "KLIK DISINI"