RENCANA STRATEGIS

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

KABINET AKSI INOVASI

PERIODE 2019/2020

 

Memuat :

  1. Grand Design Kabinet Aksi Inovasi.
  2. Deskripsi Logo Kabinet Aksi Inovasi.
  3. Struktur Organisasi BEM KBM Polines Kabinet Aksi Inovasi.
  4. Deskripsi Kerja Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa.
  5. Deskripsi Kerja Kementerian BEM KBM Polines Kabinet Aksi Inovasi.

 

 

GRAND DESIGN

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

KABINET AKSI INOVASI

PERIODE 2019/2020

 

 A. Latar Belakang

Keberadaan dan eksistensi BEM KBM POLINES selaku lembaga eksekutif tingkat perguruan tinggi tentunya bukan tanpa suatu alasan. Untuk itu izinkan kami memaparkan narasi sederhana tentang mengapa BEM KBM POLINES itu harus ada melalui beberapa dimensi yang kami anggap penting untuk kita pahami bersama.

 1. Indonesia

Mengaitkan antara keberadaan BEM KBM POLINES dengan Indonesia sama sekali bukanlah hal yang berlebihan. Mungkin memang lebih banyak hal yang terkait secara tidak langsung antara keduanya. Indonesia dengan segala dinamikanya menawarkan berbagai problematika sekaligus harapan dalam lingkup yang paling kecil yaitu individu sebagai manusia Indonesia hingga lingkup yang paling besar yaitu tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Membangun manusia sekaligus sistem adalah pekerjaan rumah yang cukup besar di tengah arus globalisasi yang makin pesat.

Dalam bidang keprofesian sendiri yang selaras dengan keilmuan yang dipelajari di masing – masing jurusan di Politeknik Negeri Semarang  masih menyisakan berbagai permasalahan. Optimisme menjadi hal yang sangat fundamental dalam menanggapi berbagai tantangan tersebut. Untuk itu, kami para mahasiswa siap menjadi bagian dari jawaban – jawaban akan permasalahan di Indonesia. BEM KBM POLINES sebagai wadah mahasiswa dalam berproses diharapkan mampu menumbuhkan AKSI dalam perwujudan peran serta memperjuangkan INOVASI terbaik sebagai solusi berbagai permasalahan yang ada di Indonesia.

2. Politeknik Negeri Semarang

Politeknik Negeri Semarang bukanlah sebuah nama kecil baik dalam lingkup Jawa Tengah maupun Indonesia. Kami sadar, bahwa nama besar tersebut juga merupakan sebuah amanah untuk senantiasa dijaga gaungnya. Sejak awal berdirinya, Politeknik Negeri Semarang senantiasa memberikan kontribusi dalam kemajuan pengetahuan dan berbagai upaya dalam menciptakan mahasiswa yang Mampu Bersaing, Akuntabel, Berkarakter dan Beretika dalam Penerapan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Bisnis. Sejalan dengan Visi POLINES saat ini.

3. KBM Politeknik Negeri Semarang

Bicara Mahasiswa adalah bicara tentang sumber daya, energi utama. KBM Politeknik Negeri Semarang merupakan calon – calon cendekiawan yang tentunya terus menerus masih harus berproses melaksanakan setiap peran, baik saat ini sebagai mahasiswa ataupun nantinya dalam bidang keprofesian. Mahasiswa merupakan tonggak utama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian, maupun pengabdian. Untuk itu, Totalitas merupakan hal yang wajib bagi mahasiswa untuk menjawab berbagai tantangan seiring berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

4. Badan Eksekutif Mahasiswa KBM Politeknik Negeri Semarang

Merupakan representasi kelembagaan bidang eksekutif tingkat KBM Politeknik Negeri Semarang, berfungsi mewadahi dan memberikan pelayanan terkait kebutuhan mahasiswa dalam usahanya menyiapkan diri untuk nantinya mampu berperan dalam dunia bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebagai lingkungan yang mewadahi mahasiswa untuk terus mengembangkan dirinya perlu bagi Badan Eksekutif Mahasiswa KBM Politeknik Negeri Semarang untuk menciptakan iklim yang sesuai, membangun kenyamanan, dan komunikasi baik dalam internal BEM maupun KBM Politeknik Negeri Semarang secara keseluruhan.

 

B. Visi dan Misi

1. Visi

“Mewujudkan Badan Eksekutif Mahasiswa yang penuh AKSI dalam membangun INOVASI”

Visi ini dapat dijabarkan menjadi beberapa frase berikut :

AKSI (Akurat dan Sinergi)

aksi/ak·si/ 1 n gerakan; 2 n tindakan; 3 n sikap.

aku·rat a teliti; saksama; cermat; tepat benar.

sinergi/si·ner·gi/ /sinérgi/ n 1 kegiatan atau operasi gabungan; 2 sinergisme.

 

Sebagai lembaga eksekutif mahasiswa di tingkat KBM Politeknik Negeri Semarang memiliki potensi menjadi tonggak awal adanya tujuan yang cermat serta Sinergisitas pada setiap Aksi yang dilakukan yang selanjutnya mampu menularkan semangat tersebut kepada setiap elemen Organisasi Mahasiswa di KBM Politeknik Negeri Semarang. Akurat yang berarti Usaha untuk mencapat tujuan dengan cermat, tepat benar dan Sinergis berarti dua atau lebih usaha yang dikolaborasikan, menghasilkan dampak yang optimal dibandingkan dengan usaha antar-elemen yang berdiri sendiri.

INOVASI

ino·va·si n 1 pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; pembaharuan; 2 penemu-an baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat);

Setiap individu terlahir dengan anugerah untuk dapat menghasilkan sebuah INOVASI sesuai dengan pribadinya masing-masing. Ketika setiap INOVASI tersebut dihubungkan dan disinergikan maka setiap INOVASI yang diperjuangkan diharapkan bisa memunculkan makna yang lebih besar. Makna juga adalah salah satu bentuk komunikasi yang bisa difahamkan antara generasi ke generasi, untuk membangun langkah – langkah yang progresif dan berkelanjutan.

 

2. Misi

a. Membangun jiwa profesionalitas dan dedikatif kepada seluruh fungsionaris Badan Eksekutif Mahasiswa

Penguatan skill organisasi pengurus internal, penanaman nilai, serta pemahaman visi kepada seluruh fungsionaris BEM KBM Politeknik Negeri Semarang melalui Presiden Mahasiswa, Wakil Presiden Mahasiswa, Menteri Koordinator Internal, Menteri Koordinator Eksternal dan Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa KBM Politeknik Negeri Semarang dalam bentuk upgrading, makrab pengurus, rapat kerja maupun berbagai acara yang melibatkan seluruh fungsionaris BEM KBM Politeknik Negeri Semarang.

b. Mewadahi pengembangan potensi akademik dan non akademik, serta penguatan karakter seluruh Keluarga Besar Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang.

KBM Politeknik Negeri Semarang memiliki latar belakang potensi akademik non akademik serta karakter yang berbeda – beda. Hal tersebut tentu perlu diwadahi dan difasilitasi dalam rangka mengoptimalkan potensi akademik dan non akademik agar tercipta karya – karya dan prestasi terbaik dari KBM Politeknik Negeri Semarang. Bentuk wadah fasilitator pengembangan potensi akademik dan non akademik (minat bakat) tersebut adalah Kementeriaan Penalaran dan Kementerian Minat dan Bakat. Dengan bersinergi dengan HMJ dan UKM diharapkan pengembangan minat lebih menyeluruh.

Adapun penguatan karakter di koordinasi oleh Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa, Kementerian Agama dan Kementerian Sosial Politik dalam berbagai rangkaian kaderisasi dan kepelatihan agar terciptanya kader – kader KBM Politeknik Negeri Semarang yang berkarakter dan mampu menjawab berbagai tantangan dalam organisasi maupun perkuliahan.

c. Membangun komunikasi yang aspiratif, efektif dan terbuka dengan seluruh Keluarga Besar Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang.

Dalam menjalankan fungsi pelayanan terhadap kebutuhan mahasiswa perlu terciptanya komunikasi yang aspiratif, efektif dan terbuka dengan segala mitra kerja Badan Eksekutif Mahasiswa KBM Politeknik Negeri Semarang agar berbagai solusi yang ditawarkan mampu tersampaikan dengan baik kepada semua pihak yang bersangkutan. Misi ini difasilitasi Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informasi dan Kementerian Sosial Politik sebagai fasilitator informasi sekaligus komunikasi dengan berbagai mitra kerja internal KBM Politeknik Negeri Semarang maupun eksternal KBM Politeknik Negeri Semarang.

d. Mewujudkan dan merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian masyarakat yang bersifat aplikatif.

Program pengembangan masyarakat berbasis riset yang berkelanjutan. Penanaman Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama di bidang pengabdian. Melalui misi ini diharapkan BEM KBM Politeknik Negeri Semarang yang diwadahi dalam Kementerian Riset dan Teknologi dan Kementerian Sosial Masyarakat mampu mewujudkan aksi pengabdian yang komprehensif, berdasarkan kebutuhan dan tepat sasaran.

 

C. Tagline

Mari berAKSI wujudkan INOVASI !

Mari BerAKSI

Mari berarti suatu ajakan. Melambangkan  optimisme dalam perwujudan peran – peran mahasiswa. Aksi adalah bentuk pelunasan tanggung  jawab atas status sebagai mahasiswa untuk terus bergerak dan menjawab berbagai tantangan zaman. Mari BerAKSI menggambarkan kesiapan dalam menghadapi berbagai tantangan, kemauan yang kuat menjadi pionir dalam suatu gerakan menjadi solusi atas setiap problematika.

Wujudkan INOVASI

Praktis dalam sebuah kabinet kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa KBM Politeknik Negeri Semarang hanya punya waktu satu tahun untuk berinovasi. Dalam waktu yang sangat singkat tersebut kami memilih Wujudkan INOVASI sebagai kata yang mewakili berbagai upaya yang akan dilakukan satu tahun ke depan. Kami yakin bahwa etos kerja serta pemaknaan berbagai usaha baik dalam bentuk proker maupun non proker sebagai hal yang harus diperjuangkan dari tahun ke tahun. Karena dengan skala kuantitas yang terbatas penting rasanya memaknai setiap apa yang kita lakukan, memaknai program kerja, memaknai proses dan berbagai dinamika yang akan dihadapi sebagai perwujudan representasi mahasiswa.

 

Harapan :

  1. Nilai= jiwa bem selalu ada. Nilai dari awal sampai akhir akan ada. Untuk tempat kembali

 

 

DESKRIPSI KERJA

PRESIDEN MAHASISWA DAN WAKIL PRESIDEN MAHASISWA

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

KABINET AKSI INOVASI

PERIODE 2019/2020

 

Deskripsi Kerja Presiden  Mahasiswa  dan Wakil  Presiden  Mahasiswa  :

  1. SK Senat pasal 1 ayat 8
  2. SK Senat pasal 6
  3. AD KBM Pasal 7
  4. ART KBM Pasal 3 ayat F
  5. ART KBM Pasal 13, Pasal 14, Pasal 15, Pasal 16
  6. GBHK KBM Polines
  7. Deskripsi tambahan  untuk  menjalankan  landasan  di atas terbatas diketahui oleh  Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa, para Menteri.

 

 

DESKRIPSI KERJA

KEMENTERIAN

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

KABINET AKSI INOVASI

PERIODE 2019/2020

 

 

MENTERI KOORDINATOR INTERNAL

  1. Membantu Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa dalam menjaga kestabilitasan internal BEM KBM POLINES
  2. Menaungi Kementerian Agama, PSDM, Penalaran, Dalam Negeri, dan Minat dan Bakat untuk saling berkoordinasi
  3. Mem-backup kementerian yang dinaungi ketika problematika internal BEM Muncul
  4. Membantu Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa serta Kementerian PSDM dalam menyusun timeline kegiatan BEM.
  5. Memberikan saran/masukan/rekomendasi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh kementerian yang dinaungi
  6. Menjaga hubungan dengan institusi

1) Melakukan komunikasi intensif dengan institusi,

2) Mewakili Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa dalam setiap agenda koordinasi dengan institusi selama hal itu dibutuhkan,

 

MENTERI KOORDINATOR EKSTERNAL

  1. Membantu Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa dalam menjaga kestabilitasan eksternal BEM KBM POLINES
  2. Menaungi Kementerian Luar Negeri, Sosial Masyarakat, Sosial Politik, dan Riset dan Teknologi; dan Komunikasi dan Informasi untuk saling berkoordinasi
  3. Mem-backup kementerian yang dinaungi ketika problematika eksternal BEM Muncul
  4. Membantu Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa serta Kementerian PSDM dalam menyusun timeline kegiatan BEM.
  5. Memberikan saran/masukan/rekomendasi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh kementerian yang dinaungi
  6. Menjaga hubungan dengan institusi

1) Melakukan komunikasi intensif dengan institusi,

2) Mewakili Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa dalam setiap agenda koordinasi dengan institusi selama hal itu dibutuhkan,

 

KEMENTERIAN KESEKRETARIATAN

a. Bertanggung jawab atas kesekretariatan internal BEM

1) Membuat berita acara, menyusun surat keputusan, surat keluar, dan segala surat/berkas dalam bentuk apapun yang dibutuhkan,

2) Mendata surat keluar, mengarsipkan surat masuk, dan mengarsipkan segala berkas penting,

3) Menyusun proposal, LPK dan LPJ dan segala berkas yang dibutuhkan,

b. Mengkoordinasi dan mengatur urusan kesekretariatan HMJ dan UKM

1) Bertanggung jawab atas pengarsipan dan pelayanan surat peminjaman tempat, berita acara, dan segala bentuk berkas yang dibutuhkan guna pengoptimalan pelayanan kegiatan kemahasiswaan,

2) Bertanggung jawab atas kapabilitas sekretaris HMJ dan UKM,

3) Menetapkan aturan-aturan dan sistem mengenai kesekretariatan HMJ dan UKM,

 

KEMENTERIAN KEUANGAN

a. Bertanggung jawab penuh  atas  pengelolaan  dan  pengaturan keuangan BEM

1) Membuat, merencanakan  dan  mengelola  anggaran  dana  yang ada dalam  kegiatan  atau aktivitas  yang  dilakukan  BEM

2) Melaporkan secara  periodik  yaitu  sebulan  sekali  laporan keuangan  dengan  prosedur  yang  ditetapkan  kepada  Presiden Mahasiswa

3) Mengelola dan menarik  kas dari setiap  fungsionaris

4) Menciptakan ekonomi  kreatif  demi  pemasukan  keuangan  BEM

5) Mengupayakan pembuatan  rekening  BMT

b. Mengkoordinasi, pembinaan  dan  mengatur  urusan  keuangan HMJ dan UKM

1) Melakukan pengawasan,  pengontrolan  dan  mengkoreksi terhadap keuangan  HMJ dan UKM

2) Mencairkan dana  ormawa  kepada  Ormawa  terkait  dengan koordinasi  kepada BPM

3) Menetapkan  segala  aturan-aturan  yang  menyangkut  pelayanan kepada Mahasiswa.

 

KEMENTERIAN DALAM NEGERI

a. Bertanggung jawab atas kelancaran seluruh agenda Ormawa dan Mahasiswa

1) Memiliki kuasa penuh atas sistem one get service dan SIPERA yang berhubungan langsung dengan institusi

2) Melakukan pelayanan peminjaman tempat dan mengatur peminjaman tempat dengan sebaik-baiknya,

3) Menjadi penjembatan dan/atau pemutus perkara antar Ormawa apabila ada sengketa dimana Ormawa yang saling bersengketa belum menemui titik temu,

4) Menetapkan aturan-aturan dan sistem peminjaman tempat dan menetapkan seluruh aturan-aturan yang dibutuhkan untuk menjaga stabilitas KBM.

5) Melakukan kunjungan HMJ guna menyerap aspirasi dan mengkomunikasikan segala kegiatan Ormawa serta menjaga stabilitas KBM, sekurang-kurangnya tiga bulan sekali

6) Bertanggung jawab atas sosialisasi birokrasi

b. Mengawasi dan mengontrol agenda Ormawa

1) Melakukan pengawasan, penilaian, dan evaluasi berkala terhadap kinerja HMJ, dengan melakukan pengecekan langsung di Ormawa yang bersangkutan dan/atau pendekatan-pendekatan apapun yang dibutuhkan,

2) Melakukan pengawasan, penilaian, dan evaluasi terhadap seluruh program kerja Ormawa,

c. Bertanggung jawab atas inventaris kantor dan mengkoordinasi atas kebersihan kantor

 

KEMENTERIAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MAHASISWA

a. Bertanggung jawab atas tegaknya peraturan fungsionaris BEM

1) Melakukan pengawasan kepada seluruh fungsionaris baik secara terbuka maupun tertutup.

2) Melakukan rekapitulasi data pelanggar peraturan dan memastikan bahwa pelanggar sudah menjalankan sanksinya.

b. Bertanggung jawab atas loyalitas, solidaritas demi harmonisasi internal BEM

1) Menjadi wadah konselor seluruh fungsionaris BEM

2) Menjagi doktrin positif mahasiswa fungsionaris BEM

3) Melakukan pengamatan, pembinaan, dan pelatihan/peningkatan aspek kemampuan demi kapabilitas fungsionaris BEM demi efektifitas kerja BEM dengan berkoordinasi dengan kementerian lain.

c. Bertanggung jawab atas regenerasi dan rekomendasi Fungsionaris BEM tahun selanjutnya

1) Bertanggung jawab atas kelompok/lembaga/korps kepelatihan calon fungsionaris BEM

2) Membentuk dan membina kader-kader aktivis calon fungsionaris,

3) Menetapkan kurikulum-kurikulum kepelatihan calon fungsionaris,

d. Mengkoordinasi dan mengatur urusan bidang PSDM di HMJ dan UKM

1) Bertanggung jawab atas kapabilitas, solidaritas, loyalitas fungsionaris UKM dan HMJ melalui PSDM di ormawa yang bersangkutan,

2) Melakukan rapat koordinasi rutin sekurang-kurangnya dua bulan sekali dengan Kadep/Kabid/Kadiv PSDM HMJ dan UKM untuk melakukan pengontrolan fungsi,

3) Melakukan kegiatan training strategis untuk HMJ dan UKM guna peningkatan SDM HMJ dan UKM maupun penyiapan kepemimpinan lembaga mendatang.

4) Memberikan rekomendasi kepada HMJ dan UKM dalam bidang pengembangan SDM dan ikut membantu dalam pengkaderisasian

e. Bertanggungjawab atas peningkatan aspek kemampuan berorganisasi, kepemimpinan, komunikasi, kreativitas bagi mahasiswa

1) Menetapkan kurikulum-kurikulum LKMM Dasar dan LKMM Madya serta mengawasi dan membuat aturan mengenai kurikulum-kurikulum dan prosesi kaderisasi UKM & HMJ, dengan mengajukan sebagai PERPRES kepada Presiden,

2) Melaksanakan LKMM Madya dan mengupayakan terlaksananya LKMM Lanjutan

f. Mengupayakan Studi Banding KBM Politeknik Negeri Semarang terhadap perguruan tinggi lain

 

KEMENTERIAN PENALARAN

a. Mengkoordinasi dan mengatur urusan bidang penalaran HMJ dan bertanggungjawab atas UKM bidang Penalaran dan Keilmuan,

1) Melakukan rapat koordinasi dengan bidang Penalaran HMJ dan UKM naungan sekurang-kurangnya sekali dalam tiga bulan,

2) Mengupayakan diskusi ilmiah sesuai disiplin keilmuan di masing masing jurusan.

b. Berupaya meningkatkan peserta Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan perencanaan-perencanaan dan eksekusi yang matang.

c. Mempersiapkan dan mengkoordinasi Program Hibah Bina Desa (PHBD) dalam tempo sesingkat-singkatnya dan proses sematang-matangnya kepada seluruh Ormawa,

d. Berkoordinasi dengan ormawa yang mengadakan lomba dibidang akademik dan keilmuan.

e. Mengadakan kegiatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa

f. Mengupayakan peningkatan partisipasi mahasiswa dalam ajang Mawapres tingkat Polines

 

KEMENTERIAN AGAMA

a. Bertanggung jawab penuh terhadap segala aktivitas keagamaan baik yang di dalam lingkup BEM maupun KBM Polines sebagai bentuk implementasi PANCASILA sila pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa) dengan berkoordinasi dengan ormawa dalam bidang keagamaan.

b. Menyelenggarakan koordinasi dengan ormawa di Polines dalam bidang keagamaan sekurang-kurangnya dua bulan

c. Mengadakan kegiatan yang bersifat keagamaan demi meningkatkan aspek spiritual disetiap agama yang ada di Polines.

d. Mengontrol terlaksananya program “Peningkatan  Spiritual Mahasiswa” (PESIMA) yang diselenggarakan oleh institusi agar bisa terlaksana secara maksimal.

e. Menjaga hubungan harmonis dan sikap toleransi antar umat beragama yang ada di Polines

f. Menjaga koordinasi dengan komunitas (Response)

g. Mengupayakan peningkaaan spiritual fungsionaris BEM

 

KEMENTERIAN MINAT DAN BAKAT

a. Menjalin sinergitas antar ormawa naungan minat dan bakat

1) Mengorganisir dengan UKM Minat Bakat dan HMJ Khususnya bidang Minat Bakat

2) Melakukan pendampingan dan menjadi koordinator terkait kegiatan yang melibatkan antar ormawa minat dan bakat

3) Menjadi penengah dan memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul dalam ormawa minat dan bakat

4) Menjadi mitra organisasi mahasiswa di bidang minat dan bakat dalam pelaksanaan seleksi, lomba, maupun acara yang berada di tingkat polines

b. Mengembangkan dan meningkatkan prestasi mahasiswa polines

1) Melakukan penyerapan aspirasi mahasiswa terkait upaya pengembangan minat dan bakat dengan ormawa minat dan bakat

2) Merancang target prestasi dengan UKM minat dan bakat dan HMJ khususnya bidang minat dan bakat

3) Mengarahkan mahasiswa berpotensi dan berbakat ke dalam ormawa yang menaungi sesuai dengan bidangnya

 

KEMENTERIAN LUAR NEGERI

a. Membangun relasi dengan stakeholder

1) Mengkoordinasi, menciptakan peluang, turut serta, dan membangun forum-forum komunikasi :

a) FKMPI

b) FLH

c) BEM SERA dan BEM SI (bersama-sama Mensospol melakukan upaya-upaya agar KBM Polines dapat turut serta di BEM SI seluas-luasnya),

d) Mengawal HMJ dan UKM dalam membentuk dan/atau menjaga forum komunikasi Mahasiswa.

2) Mengkoordinasi, mengawasi, dan menciptakan peluang dengan organisasi eksternal (Organisasi Kemahasiswaan Daerah, HMI, PMII, KAMMI, KMNU, IMM, SAPMA PP, dst.)

a) Melakukan koordinasi rutin sekurang-kurangnya sekali dalam dua bulan untuk sarasehan dengan ketua-ketua organisasi kemahasiswaan daerah atau perwakilan organisasi tersebut,

b) Mengawasi pergerakan organisasi eksternal agar tidak melenceng dari aturan yang ada.

c) Menjadi penggerak Organisasi Kemahasiswaan Daerah dalam membangun citra baik Polines

b. Membangun dan menjaga citra baik Polines

1) Meningkatkan nama baik Polines di forum-forum komunikasi,

2) Melakukan sosialiasi tentang Polines kepada siswa SMA/SMK/MA sederajat melalui orda,

3) Membentuk citra Polines dengan perusahaan-perusahaan,

c. Mengkoordinasi dan mengatur segala urusan Tim FKMPI Polines dan sebagai juru bicara eksternal representasi BEM KBM POLINES

 

KEMENTERIAN SOSIAL MASYARAKAT

Bertanggung jawab  penuh  terhadap  pergerakan  horizontal  internal  kampus maupun  eksternal  kampus,  demi  meningkatkan  jiwa  sosial  mahasiswa  untuk masyarkat  umum,  serta  membantu  masyakarat  dalam  menyelesaiakan  permasalahan sosial

a. Mengkoordinasi dan  memberikan  saran  dan  masukan  serta rekomendasi kepada KBM terhadap pergerakan  horizontal

1) Memberikan tindakan,  masukan,  serta  solusi  dalam  pergerakan horizontal  turun  ke masyarakat.

2) Menaungi UKM Menwa, UKM Racana Pandawa, UKM KSR dan UKM Wapalhi

3) Memberikan arahan dan solusi  terhadap  kegiatan  Bakti Masyarakat  KBM Polines  khususnya  HMJ

4) Meningkatkan kepedulian  mahasiswa  terhadap  berkehidupan bermasyarakat  dengan  koordinasi  dengan  Kementerian  Kominfo  dan Kementerian  PSDM

b. Membawahi, membina  dan  mengarahkan  serta  mengembangkan Komunitas  Polines  Mengabdi 

c. Menjalin kerjasama dengan instansi atau  lembaga kemanusiaan  atau pengabdian  masyarakat demi masyarkat

d. Mengupayakan Polines kampus tanggap bencana dengan mengikutsertakan UKM naungan.

e. Membina dan  mengembangkan  desa  binaan  KBM  Polines  dengan koordinasi  segala elemen di Politeknik Negeri Semarang

f. Mengkoordinasi, dan  menciptakan  peluang  serta  ikut  serta  dalam Forum  Nasional Sosial Masyarakat

g. Membuat propaganda mengenai isu lingkungan selama periode kepengurusan

 

KEMENTERIAN SOSIAL POLITIK

Bertanggung jawab penuh dalam menentukan sikap BEM dalam menyikapi kondisi terbaru di internal dan eksternal BEM serta melakukan action langsung dalam bentuk pergerakan tertentu.

a. Bertanggung jawab atas kestabilan kampus

1) Mengawasi dan mengendalikan pergerakan politik dan penyebaran ideologi di Polines,

2) Merumuskan, membentuk, menanamkan, menyebarluaskan, mengembangkan, dan menguatkan isu, propaganda, dogma atau doktrin tentang kemahasiswaan (nasionalisme, daya kritis, kepedulian, dll), stabilitas KBM, nama baik almamater

3) Mengontrol setiap kebijakan institusi.

4) Melakukan penyampaian sikap BEM Polines terhadap hal –hal yang terkait konflik dan kepentingan internal BEM

b. Melakukan upaya pemahaman peran mahasiswa dengan berkoordinasi dengan Kementerian PSDM

c. Turut andil dalam pengontrolan kebijakan pemerintah ataupun sikap lembaga negara dalam pendidikan tinggi

d. Intensif melakukan komunikasi dan koordinasi dengan BEM SI, dan BEM sekitar

e. Membuat dan mengelola forum diskusi kemahasiswaan terkait pergerakan secara desentralisasi (HMJ) dan sentralisasi (BEM)

f. Mengupayakan terbentuknya Forum Perempuan Politeknik Negeri Semarang

 

KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI

a. Melaksanakan proyek riset kabinet yang dibutuhkan

1) Riset kepuasan kinerja dan kredibilitas terhadap BEM,

2) Riset penyaluran beasiswa,

3) Riset Pencapaian Ormawa Polines,

4) Dan segala riset lain yang dibutuhkan,

b. Mengkaji hal yang berhubungan dengan teknologi,

1) Mengkaji isu yang berhubungan dengan 5 jurusan di Polines

2) Berkoordinasi dengan UPT TIK Polines mengenai pengelolaan WiFi yang ada di Polines

3) Dan segala kajian tentang teknologi yang dibutuhkan,

 

KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI

a. Bertanggung jawab atas akun sosial media BEM,

b. Sebagai juru bicara kabinet serta bertanggung jawab atas tersebarnya informasi/berita penting bagi Mahasiswa,

c. Mengawasi sosial media yang sudah melekat di KBM Polines,

d. Turut andil dalam tersebar dan tertanamnya propaganda, dogma atau doktrin kemahasiswaan (nasionalisme, daya kritis, kepedulian, dll), stabilitas KBM, dan nama baik almamater.

e. Bekerja sama dengan Media Eksternal dalam penyampaian informasi/berita.

f. Menjadi pusat database segala informasi dengan bekerja sama dengan Kementerian Kesekretariatan.