Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh dikti dalam rangka pengabdian perguruan tinggi melalui organisasi kemahasiswaan kepada masyarakat desa. Pada tahun 2021 Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Pengetahuan (UKM PP) Politeknik Negeri Semarang (Polines) membagi para anggotanya ke dalam tiga tim untuk pelaksanaan program tersebut.

Salah satu program kerja dari Bidang Kaderisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang adalah kegiatan Latihan Manajemen Organisasi Mahasiswa (LMOM) yang pada tahun ini bertema “Be An Intellectual Leader for A Bright Future”. Kegiatan LMOM dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan kepribadian dan karakteristik yang baik serta sebagai bekal menjadi seorang organisator. Kegiatan ini dilaksanakan secara online menggunakan Platform Zoom Meeting.

Training Basic adalah salah satu kegiatan UKM PCC yang dilaksanakan untuk membagikan ilmu tentang IT kepada seluruh calon anggota baru UKM PCC. Training Basic ini memberikan pelatihan dan mengenalkan tiga bidang departemen dibawah Workshop UKM PCC yaitu Software, Network dan Multimedia kepada calon anggota baru UKM PCC. Training Basic penting dilakukan mengingat perkembangan teknologi saat ini terus berkembang sehingga diperlukan pengetahuan mengenai bidang IT yang memadai.

Semarang, 13-14 November 2021 – telah dilaksanakan program kerja dari divisi PSDM HMAB yaitu Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Dasar (LKMMD) 2021 dengan terma “Grow Your Spirit of Leadership with Critical Thingking for Better Future”. LKMMD 2021 merupakan proker yang diadakan semi offline dengan 50 peserta offline. Diadakannya LKMMD ini bertujuan untuk membentuk jiwa kepemimpinan dan berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang akan terjadi serta memberikan bekal mahasiswa untuk sebelum masuk ke dalam dunia organisasi nantinya.

Pelatihan Software merupakan salah satu program kerja pengenalan UKM Pengembangan Pengetahuan, terutama kepada mahasiswa baru Politeknik Negeri Semarang. Kegiatan ini berupa pelatihan software Autocad untuk jurusan teknik mesin, Proteus untuk jurusan elektro dan MYOB untuk jurusan akuntansi yang dilakukan secara daring melalui aplikasi tatap muka yaitu zoom meeting.