Politeknik Negeri Semarang (Polines) menggelar upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 72.

Acara yang berlangsung di halaman Direktorat Polines, Kamis (17/8) diikuti ratusan peserta yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Polines berlangsung dengan khidmat.

Bertindak selaku Pembina upacara adalah Ir. Supriyadi, MT (Direktur Polines). Sedangkan yang bertugas sebagai pengibar bendera merah putih adalah para anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) Polines.

Pada kesempatan upacara bendera ini, Ir. Supriyadi, MT (Direktur Polines) membacakan sambutan tertulis dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Prof H Mohamad Nasir PhD Ak. Dalam sambutannya, Menristekdikti mengatakan, rasa syukur ini kita aktualisasikan dengan “INDONESIA KERJA BERSAMA” dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Salah satu tantangan terbesar kita saat ini adalah persoalan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia memiliki tingkat pendidikan rendah dan terkategori tenaga kerja tidak terlatih (unskilled labor) atau berkeahlian rendah-menengah. Hal ini tidak hanya menjadi tantangan bagi kita di tingkat produktivitas ekonomi, namun juga mempengaruhi daya saing kita di tingkat regional dan global. Karena persaingan dalam era globalisasi ini akan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Untuk menjawab tantangan tersebut, Kemenristekdikti telah menetapkan tujuan strategi 2019 yang akan kita capai yaitu “Meningkatnya relevansi, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia berpendidikan-tinggi, serta kemampuan Iptek dan inovasi untuk keunggulan daya saing bangsa”.

Diakhir sambutannya, Menristekdikti mengatakan, dalam peringatan 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, marilah kita semua bekerja sama untuk terus membangun riset, teknologi, dan pendidikan tinggi dengan penuh Integritas, Etos Kerja, dan semangat Gotong Royong, serta selalu mengedepankan kepentingan dan masa depan bangsa Indonesia.

Dikesempatan upacara ini, Direktur Polines, Ir. Supriyadi, MT menyerahkan penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada dosen dan tenaga kependidikan untuk masa bakti 30 tahun 20 tahun, 10 tahun. Kemudian, Direktur juga menyerahkan Surat Keputusan Pensiun pada dosen dan tenaga kependidikan.

Ket Foto :

Upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 72 di halaman Direktorat Polines, Kamis (17/8).