Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali merilis daftar pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia.

Sejalan dengan upaya pemerintah melalui Kemenristekdikti untuk lebih mendorong peningkatan kualitas pendidikan vokasi melalui revitalisasi politeknik,maka klasterisasi perguruan tinggi Indonesia pada tahun 2017 ini digolongkan dalam 2 (dua) kelompok yaitu kelompok Politeknik; dan kelompok non-politeknik (universitas, institut, dan lainnya).

Dari daftar tersebut Kemenristekdikti merilis pemeringkatan 10 perguruan tinggi (PT) Politeknik Terbaik se-Indonesia tahun 2017. Pada pemeringkatan tersebut Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil menduduki peringkat ke 3. Sementara, peringkat pertama diraih Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (Pens), disusul Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) di peringkat ke-2.

Direktur Polines, Ir. Supriyadi, MT mengaku bersyukur atas capaian ini. “Capaian hasil ini atas ridlo dari Allah SWT, kerja keras dan komitmen semua unsur ,” ungkap Supriyadi di ruang kerjanya, Kampus Tembalang, Rabu (23/8). Mudah-mudahan hasil ini menjadi bahan evaluasi dan motivasi untuk lebih mensinergikan potensi di Polines.

Peringkat ke-3 yang diraih ini, berarti Polines berhasil mempertahankan posisi yang pernah diraih pada pemeringkatan perguruan tinggi tahun 2015. Tahun ini, Polines menduduki peringkat 3 Politeknik terbaik pada klaster I dengan skor 1,96. Sedangkan pada aspek penelitian dan pengabdian masyarakat, Polines berhasil menduduki peringkat ke-1, sedangkan aspek kelembagaan berhasil meraih peringkat ke 3.

Pemeringkatan ini didasari atas beberapa penilaian, diantaranya PD Dikti, dalam hal ini jumlah mahasiswa dan jumlah dosen. Ada juga penilaian dari sisi penelitian dan pengabdian masyarakat, kemahasiswaan, BAN PT dalam hal ini akreditasi institusi, Database Scopus , dan Kelembagaan. Dalam rilisnya Kemenristekdikti, mengungkapkan hasil 5 (lima) kluster perguruan tinggi politeknik dengan komposisi: klaster 1 berjumlah 10 politeknik; klaster 2 berjumlah 19 politeknik; klaster 3 berjumlah 53 politeknik, klaster 4 berjumlah 54 politeknik, dan klaster 5 berjumlah 52 politeknik.