Tim PKM-Kewirausahaan Politeknik Negeri Semarang yang diketuai oleh Nur Hidayanti (D3-Keuangan dan Perbankan), dengan 3 anggota yaitu Lastri Rahayu Safitri (D3-Keuangan dan Perbankan), Alifia Winda Lestari (D3-Akuntansi), Septi Nur Anggiah (D4-Komputerisasi Akuntansi) dengan didampingi oleh Ibu Siti Arbainah,S.E.,M.M berhasil menciptakan inovasi baru pengolahan limbah botol kaca menjadi produk pengingat momen yang bernilai estetik.

Produk yang dihasilkan ini merupakan inovasi produk penyimpan foto di dalam botol kaca bekas. Gagasan inilah yang membuat Tim PKM ini berhasil menjadi salah satu Tim PKM yang lolos pendanaan pada Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2021.

Gagasan ini bermula dari semakin banyaknya penumpukan sampah rumah tangga, khususnya limbah botol kaca yang belum jelas pemanfaatannya setelah pemakaian, terutama di Kabupaten Kebumen.“Mengetahui semakin banyaknya limbah botol kaca yang tidak dimanfaatkan kembali, membuat tim kami berinovasi untuk memanfaatkannya sebagai bahan utama untuk pembuatan produk Bottle Arts Pengingat Momen ini,” ungkap Ketua Tim, Nur Hidayanti. “Hal ini pula yang mendorong kami untuk bermitra dengan salah satu pengepul sampah botol bekas di wilayah kami,” tambahnya.

Untuk mendukung perluasan pemasaran produk, strategi pemasaran dilakukan secara online melalui sosial media instagram @alha.store.id dan salah satu marketplace shopee @alha store dengan harga produk dipatok Rp 35.000-Rp 50.000 saja.

Harapannya setelah 4 bulan pelaksanaan program ini, usaha ini bisa berjalan secara continue, mengingat momen-momen yang ada tidak pernah putus sepanjang tahun, sehingga kesempatan untuk tetap exist masih berpeluang.  “Harapannya dengan program ini dapat menumbuhkan jiwa kemandirian dan kreativitas mahasiswa. Serta usaha yang sudah dijalankan ini bisa berlanjut meskipun Program ini sudah selesai” ungkap dosen pembimbing.