Kondisi pandemi Covid 19 tidak menyurutkan semangat mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Polines) untuk berprestasi. Hal itu dibuktikan oleh tim Polines Telkom Jaya yang beranggotakan Fitri Yuni Astuti, Yulia Setiani, dan Yusitania Prameswari mahasiswa jurusan Teknik Elektro Polines berhasil meraih juara 1 kategori IoT E-Time 2021 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro Politeknik Negeri Jakarta, secara daring pada tanggal 6 Juli 2021- 9 Juli 2021.

E-Time (Electro Activities Programme) merupakan ajang tahunan lomba bidang teknik elektro  tingkat nasional. Tahun ini, bertema “Revolution of Technology” diikuti peserta yang berasal dari berbagai universitas dan politeknik se-Indonesia.  Kegiatan ini memiliki tiga kategori lomba yakni Internet Of Things, Robot Mini Industrial dan Programmable Logic Controller.

Tim Polines dengan dosen pembimbing Sarono Widodo dan Arif Nursyahid, berhasil meraih juara di kategori Internet Of Things (IoT), menampilkan karya berjudul  “Sistem Monitoring dan Pengendalian Air Pada Sistem Smart Building Berbasis IoT”.

Menurut Yulia Setiani selaku koordinator tim, instalasi air pada gedung-gedung umumnya hanya diatur dengan menggunakan kran manual. Sistem instalasi air tidak dilengkapi dengan pemantauan dan pengendalian penggunaan air pada setiap ruang atau gedung. Rancang bangun pada penelitian ini, ungkapnya adalah sebuah solusi untuk menjadikan instalasi air pada gedung mudah dipantau dan dikendalikan jika terjadi kebocoran pipa instalasi atau penggunaan air yang tidak wajar.

Sistem  pemantauan dan pengendalian berbasis IoT, jelas Yulia, sehingga mudah mendapatkan data penggunaan air secara realtime dan dapat dikendalikan melalui web. Sistem ini menggunakan sensor flowmeter untuk membaca aliran air dan selenoid valve untuk membuka dan menutup aliran air yang mengalir pada pipa air. data sensor yang dibaca dikirim ke mikrokontroler untuk diolah dan selanjutnya dikirimkan ke internet melalui gateway LoRa.
Data yang tersimpan pada database dapat diakses sekaligus dimonitor melalui web. Sistem ini dilengkapi dengan pesan sebagai notifikasi kebocoran atau pemakaian air tidak wajar yang dikirimkan melalui telegram, pungkasnya.

Hasil lomba E-Time 2021 kategori Internet of Things sebagai berikut, Juara 1 (POLINES TELKOM JAYA Politeknik Negeri Semarang), Juara 2 (Elektrozen Universitas Negeri Yogyakarta), Juara 3 (WP_MATOH Politeknik Negeri Malang), Juara Favorit (Neg Wani Ojo Wedi Wedi Politeknik Manufaktur Astra).