Capital Market Community (CMC) Politeknik Negeri Semarang (Polines) merupakan suatu Organisasi atau Kelompok Studi Pasar Modal yang berada di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negri Semarang yang bertujuan untuk mengedukasi Pasar Modal untuk internal yaitu Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang dan untuk eksternal yaitu masyarakat di luar lingkungan kampus Politeknik Negeri Semarang.

CMC Polines sendiri memiliki beberapa divisi. Salah satunya divisi Investment Education (IE) yang merupakan divisi yang bertujuan untuk mengedukasi Pasar Modal untuk pihak-pihak eksternal CMC. CMC Polines mengadakan kegiatan Sekolah Pasar Modal (SPM) Eksternal dan Open Account (OA), dimana divisi IE sebagai penanggung jawab. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu, 26 Juni 2021 pukul 09.00 – 12.00 dengan menggunakan media ZOOM Meetings.

Sambutan Ketua Pelaksana SPM Eksternal dan OA 2021

Open Account (OA) merupakan kegiatan pembukaan akun saham baru yang diperuntukkan bagi para investor baru yang ingin memiliki akun saham pribadi. Kegiatan ini diawali dengan diadakannya OA selama 15 hari pada tanggal 1 – 15 Juni 2021. Tanggal 1 – 10 Juni 2021 merupakan tanggal pendaftaran, kemudian tanggal 11 – 15 Juni 2021 merupakan tanggal pembuatan akun saham. Daya tarik dalam kegiatan OA tersebut adalah biaya OA yang murah dan kemudahan dalam pendaftaran. Hanya dengan membayar 25.000 saja, para investor sudah bisa mendapatkan akun saham, tambahan cashback pulsa sebesar 25.000, serta dapat mengikuti kegiatan SPM Eksternal.

Setelah kegiatan Open Account (OA) selesai dilanjutkan dengan kegiatan Sekolah Pasar Modal (SPM) yang dilakukan secara daring. SPM Eksternal merupakan kegiatan yang diadakan oleh CMC Polines yang bertujuan untuk mengedukasi dan mengenalkan pasar modal kepada pihak-pihak eksternal CMC, yaitu kalangan mahasiswa dan masyarakat secara umum. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerjasama antara IDX Semarang, Phintraco Sekuritas, dan ISP Semarang. Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama yaitu dari IDX Semarang yang dibawakan oleh Akhmad Nuranyanto. Kemudian penyampaian materi kedua yaitu dari Phintraco Sekuritas dibawakan oleh Yusuf Wijayanto. Selanjutkan materi terakhir yaitu dari Investor Saham Pemula (ISP) Semarang dibawakan oleh Deddy Setiadi, dan penutup.

Dengan diadakannya “Sekolah Pasar Modal (SPM) Eksternal dan Open Account (OA)” ini diharapkan bagi investor pemula dapat memiliki akun saham pribadi, dan untuk seluruh peserta dapat merealisasikan ilmu tersebut dalam melakukan investasi maupun trading. Maka dari itu, seluruh peserta tidak salah dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi.

Peserta Online SPM Eksternal & OA 2021