Sipondra atau Sipil Polines Duta Juara merupakan suatu organisasi di bidang teknik sipil yang berada dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang. Sipondra dibentuk dengan latar belakang untuk meningkatkan dan memajukan dunia perlombaan mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang.

Adapun tujuan dari Sipondra adalah membantu birokrasi dan urusan administrasi peserta lomba serta membimbing dari segi akademis, mampu membuka pandangan terhadap mahasiswa teknik sipil Polines dan mengenalkan tentang dunia perlombaan, dan mengembangkan seluruh anggota untuk segi keorganisasian.

Sipondra memiliki beberapa program kerja salah satunya yaitu program kerja Pelatihan KJI dan KBGI. Kompetisi Jembatan Indonesia dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (disingkat KJI & KBGI) merupakan suatu kompetisi yang dilaksanakan secara paralel yang melombakan desain atau rancangan jembatan dan bangunan gedung. Kompetisi yang diadakan setiap tahun ini diikuti oleh mahasiswa jurusan teknik sipil dari perguruan tinggi di Indonesia.

Pelatihan KJI dan KBGI ini diadakan 2 tahap, tahap pertama ( sesi pemberian materi oleh tentor) pada Minggu, 13 Juni 2021 dan tahap kedua ( sesi konsultasi peserta kepada tentor ) pada Minggu, 20 Juni 2021.  Pelatihan ini diadakan dengan tema "Let’s Practice, Win Thropies With Sipondra” Sesuai dengan tema, kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih dan konsultasi Mahasiswa Teknik Sipil Polines yang akan berkompetisi di ajang perlombaan KJI KBGI 2021 di tengah - tengah pandemi Covid-19. Adapun tentor dari kegiatan ini merupakan Mahasiswa Teknik Sipil Polines yang sudah berpengalaman mengikuti ajang perlombaan KJI dan KBGI. Tedapat 8 tim yang terdiri dari 2 tim peserta KGBI dan 12 tim peserta KJI mengikuti kegiatan Pelatihan KJI dan KBGI. Berikut merupakan peserta dari kegiatan Pelatihan KJI dan KBGI 2021:

  1. Tim Sayaka ( KJI Pelengkung )
  2. Tim Indratanaya ( KJI Pelengkung )
  3. Tim Sabrang Lor ( KJI Pelengkung )
  4. Tim Sangga Garan ( KJI Pelengkung )
  5. Tim Arjuna Sanjaya ( KJI Baja )
  6. Tim D’Ksatria ( KJI Baja )
  7. Tim Abimana ( KBGI )
  8. Tim Djoko Soeseno (KBGI )

Akibat adanya pandemic covid-19 jadi acara Pelatihan KJI dan KBGI kali ini tidak dapat diadakan secara offline maka diadakan secara virtual (online) melalui zoom meeting. Pelaksanaan Funday 2021 untuk peserta diadakan secara daring. Namun untuk beberapa panitia tetap secara offline oleh panitia dengan memerhatikan protocol kesehatan dan juga K3 sesuai prosedur. Walaupun diadakan secara online acara ini tetap berjalan lancar dan informasi yang disampaikan pun tetap bisa diterima dengan baik. Serangkaian acara Pelatihan KJI dan KBGI 2021 adalah pendaftaran, sesi pemberian materi oleh tentor, sesi konsultasi oleh peserta kepada tentor.