Kegiatan National Polytechnic English Olympics (NPEO) yang ke 8 Tahun 2021 yang dilaksanakan secara daring di Politeknik Negeri Semarang (Polines) selama 3 hari, 15 -17 Juni 2021, berjalan lancar dan sukses. Kesuksesan ini adalah hasil dari kerjasama seluruh pihak, panitia internal polines  dan pihak eksternal yaitu para coordinator lomba dan Tim IT, termasuk para juri, peserta, PIC dan jajaran pimpinan masing-masing 52 politeknik yang mengikuti lomba.

NPEO ke 8 adalah hasil kolaborasi indah keahlian dan kewenangan berbagai pihak.

Pada pelaksanaan NPEO ke 8 ini, Polines sebagai tuan rumah telah melengkapi acara lomba bahasa Inggris tahunan ini dengan empat hal yaitu logo NPEO, Jargon NPEO, Berdera dan Jinggel NPEO. Logo dan bendera NPEO didesain oleh Bapak Drs. Toni Hartono, M.Pd. Pada penyelenggaran tujuh kali NPEO sebelumnya logo dan tema dibuat oleh institusi penyelenggara.  Diharapkan dengan usulan logo tetap tersebut dapat mengurangi pekerjaan Tuan rumah NPEO berikutnya. Panitia NPEO 2021 juga mengusulkan jargon tetap NPEO yaitu friendship, excellence, better life. Friendship adalah mempererat silaturahmi masyarakat politeknik dan untuk mendukung cita-cita luhur bangsa yaitu kesatuan dan persatuan bangsa. Excellence adalah untuk meningkatkan kecerdasan sumber daya manusia sehingga unggul. Sementara better life adalah hidup lebih baik untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa. Meningkatkan kecerdasan dan wujudkan kesejahteraan bangsa adalah cita-cita luhur bangsa yang tertuang dalam pembukaan UUD45. Dalam NPEO ke 8 ini adalah kali pertama dibuatkan lagu jinggel NPEO yang liriknya diciptakan oleh Bpk Drs. Toni Hartono dan musiknya diaransemen oleh Marcellinus Mayone Aldion, mahasiswa Politeknik Negeri Semarang. Diharapkan Logo, Bendera, jargon dan lagu jinggel tersebut akan dipakai penyelenggaraan NPEO selanjutnya.

Acara NPEO ke 8  yang mengusung tema ‘Gaining Language Competence for Better Life‘ ditutup pada tanggal 17 Juni 2021  pukul 19:00 secara live menggunakan ZOOM dan YouTube Streaming oleh Ketua Bakorma, Bapak Iwa Sudrajat, S.T., M.T. Telah hadir pula Bapak Ir. Anang Budikarso, M.T., Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya – Juara Umum NPEO 2019 - sebagai tamu undangan,  Bapak Adhy Purnomo, S.T., M.T.  Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Semarang sebagai tuan rumah, dan Ketua Pelaksana NPEO ke 8 Dra. Nur Rini, M.Pd.

Agenda dalam acara penutupan adalah sambutan dari pihak Polines dan ketua Bakorma sekaligus menutup secara resmi acara NPEO ke 9 tahun 2021, penyerahan kembali piala bergilir juara umum NPEO tahun 2019, PENS, kepada Bakorma yang diwakili Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Polines, Pengumuman Pemenang Lomba untuk masing-masing katagori oleh masing-masing koordinator Bidang Lomba yaitu (1) bidang lomba Writing oleh Bapak I Nyoman Rajin Aryana, S.Pd, M,Hum., (2) bidang lomba Story Telling oleh bapak  Drs. Danny Gandana Nugraha, M.Ed. (3) Bidang lomba Speech oleh Bapak Refdy Akmal, S.Pd, M.Pd. (4) Bidang lomba News casting  oleh ibu Dias Agata,S.S., M.Pd. dan (5) bidang lomba Debat oleh Bapak Rachmat Nurcahyo, S.S., M.A. Adapun pengumuman pemenang Juara Umum NPEO ke 8 dilakukan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Dra. Nur Rini, M.Pd. Dalam acara ini dilakukan penyerahan secara simbolis Piala Bergilir, plakat & sertifikat juara Umum.  Sebelum penutupan secara resmi, dilakukan acara Penyerahan Bendera NPEO dari  ketua Pelaksana the 8th  NPEO kepada Wakil Direktur 3 POLINES, dikarenakan belum ditentukan institusi Politeknik sebagai penyelenggara NPEO ke 9 tahun 2022.

Adapun Top 10 institusi dari 52 Politeknik yang ikut dalam  NPEO ke 8 adalah (1) Politeknik Negeri Sriwijaya, (2) Politeknik Negeri Semarang, (3) Politeknik Eektronika Negeri Surabaya, (4) Politeknik Negeri Malang, (5) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, (6) Politeknik Negeri Bali, (7) Politeknik Kementerian Kesehatan Jakarta II, (8) Politeknik Negeri Padang, (9) Politeknik Negeri Manado, (10) Politeknik kementerian Kesehatan Yogyakarta. Sehingga Juara umum NPEO ke 8 adalah Politeknik  Negeri Sriwijaya. Peringkat dihitung berdasarkan poin yang didapat selama lomba dan dalam semua jenis lomba.

Juara dibagi dalam dia kategori yaitu master dan novice yang masing-masing berjumlah 5 orang dari juara 1 sampai runner up ke4 di 5 cabang lomba; debate, speech, stroytelling, newscasting, dan writing. Dalam debate juga diumumkan 10 debaters terbaik secara individu baik dalam kategori master dan novice. NPEO ke 8 tahun 2021 yang diikuti oleh 328 peserta. memberi penghargaan kepada 56 pemenang.

Dari Lomba Speech, untuk kategori master, juara 1 adalah  David Adhitya Stumer dari Politeknik Negeri Semarang. Runner Up 1 adalah  Dwi Anggraini dari Politeknik Negeri Sriwijaya. Runner Up 2 adalah  Ni Putu Marchellina Amara Devi dari Politeknik Negeri Bali. Runner Up 3 adalah  Sarah Alissa Destrianne dari Politeknik Negeri Balikpapan. Runner Up 4 adalah Adysti Widya Maharani dari Politeknik Negeri Balikpapan. Untuk kategori novice pemenangnya adalah juara 1 atas nama Namira Rizqi Annisa dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Runner Up 1 adaah Venerini Ranum Classy Dewi dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Runner Up 2 adalah Muhammad Jawad Ali Habshi      dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Runner Up 3 adalah Ni Putu Meisha Yunda Ningsih dari Politeknik Negeri Bali.  Runner Up4 adalah Erika Wairoy dari Politeknik Negeri Fakfak.

Dalam lomba Newscasting, untuk kategori master, juara 1 adalah Fellya Zumarnisdari Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II. Runner Up 1 adalah Bryan Austin Lontoh dari Politeknik Negeri Manado. Runner Up 2 adalah  Ni Putu Aprilia Laksmi  dari Politeknik Negeri Bali. Runner Up 3 In'Ya Yuri Atasi dari Politeknik Manufaktur Bandung. Runner Up 4 adalah Adella Delvina dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).  Untuk Kategori Novice, juara 1 adalah Zulkifly Firmancha Pomantow dari Politeknik Negeri Manado.

Runner Up 1 adalah  Tahlitha Laela Dzikrin  dari Politeknik Negeri Jakarta. Runner Up 2 adalah Aida Nelawati Rosa dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Runner Up 3 adalah Almira Ulima Sadiya dari Politeknik Negeri Balikpapan. Runner Up 4 adaah Aninatul Baidiyah       dari Politeknik Negeri Jember.

Dalam lomba Story telling, untuk kategori Master, juara 1 adalah Putri Ayu Nisa Az-Zahra dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Runner Up 1 adalah Zahra Syauqina dari Politeknik Negeri Semarang, Runner Up 2 adalah Annisa Lidya Ardiani dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Runner Up 3 adalah Kania Ratna Arimbi          dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Runner Up 4 adalah Salsabila Shafa Anisya dari Politeknik Negeri Media Kreatif. Untuk Kategori Novice, Juara 1 adalah Angeline Siraitdari Politeknik Negeri Medan. Runner Up 1 adalah Ni Luh Putu Praptiwi dari Politeknik Negeri Bali. Runner Up 2 aalah Syafia Aisyah Keumala dari Politeknik Negeri Lhokseumawe. Runner Up 3 adalah Tyara Nur Fadilladari Politeknik Negeri Madiun. Runner Up 4 adalah Meiranda Normarisa Azis        dari Politeknik Negeri Jember

Dalam Lomba Writing, untuk kategori Master, juara 1 adalah Meliana Frantika Sutantodari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Runner Up 1 adalah Bahriati Ilmi Abadiahdari Politeknik Negeri Malang. Runner Up 2 adalah Priscilla Miki Aisyah dari Politeknik Negeri Semarang. Runner Up 3 adalah Ida Ayu Cantika Widyantari Devi       dari Politeknik Negeri Bali. Runner Up 4 adalah Ilmi Hanifa Nur Alam dari Politeknik Negeri Bandung. Untuk kategori Novice juara 1 adalah Megavia Noor Iman dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Runner Up 1 adalah Annisa Rahma Kumalasari    dari Poltekkes Kemenkes Semarang, Runner Up 2 adalah Maulidia Selfianie dari Poltekkes Kemenkes Banjarmasin. Runner Up 3 adalah Vina Vinesta dari Politeknik Negeri Semarang. Runner Up 4 adalah Revilinda Annabela dari Politeknik Negeri Jember.

Dalam lomba Debate, untuk kategori Master, juara 1 adalah Romi M Santri dan Nadia Ramadhani  dari Politeknik Negeri Sriwijaya. Runner Up 1 adalah Randhika Rianza   dan Afri Candra dari  Politeknik Negeri Padang. Runner Up 2  adalah Arya Putra Hadi Yulianto dan Ramadhany Sekar Purnama dari Politeknik Negeri Malang. Runner Up 3 adalah Dzul Fadhla dan Kori Kharisma Rini dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Untuk kategori Novice, juara 1 adalah Elvyra Jovanka Rozani dan Muhammad Rifky Ramdhani dari      Politeknik Manufaktur Bandung. Runner Up 1 adalah Leonardo dan Ghufron Ramadhan  dari Politeknik Negeri Batam. Runner Up 2 adalah R. Cakradana Ardhanurahman Yudhatama dan Shulton Nurifad Aliff Gibran dari Politeknik Negeri Cilacap. Runner Up 3 adalah Muhammad Guswali dan Alexandra Loesia D. Jala dari Politeknik Negeri Jember.

Dalam lomba Debate juga diberikan penghargaan kepada top 10 best speaker debaters. Untuk kategori master adalah (1) Candra Togi dari Politeknik Negeri Samarinda, (2) Romi M Santri dari Politeknik Negeri Sriwijaya. (3) Abdul Hakim Azis dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. (4) Randhika Rianza dari Politeknik Negeri Padang. (5) Nadia Ramadhani dari Politeknik Negeri Sriwijaya. (6) I Gede Guntur Saputra dari Politeknik Negeri Bali. (7) Afri Candra         dari Politeknik Negeri Padang. (8) Maulidya Hana Mufida dari Politeknik Negeri Samarinda. (9) Oktavia Khunhardianingrum dari Politeknik Negeri Semarang. (10) Nanda Dwi Saputra dari Politeknik Negeri Banyuwangi.  Untuk Kategori Novice, (1) Alif Iman Billah Farid Muhamad dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. (2) Ghufron Ramadhan dari Politeknik Negeri Batam. (3) Qasi'Ah Putri  dari Politeknik Negeri Jakarta. (4) Michelle Jocelyn Wangdari Politeknik Negeri Madiun. (5) Bagus Dwi Cahyono dari Politeknik Negeri Madiun. (6) Desak Dian Dwi Lestari dari Politeknik Penerbangan Surabaya. (7) Elvyra Jovanka Rozanidari Politeknik Manufaktur Bandung. (8) Haldhira Ladiva dari Politeknik Negeri Jakarta.  (9) Hanifullah Hafidz Arrizal dari Poltekkes Kemenkes Semarang. (10) Pandu Tawaqal Anggra Kusuma dari Politeknik Negeri Medan.