Salah satu program kerja dari Bidang Kaderisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang yaitu kegiatan Diklat dan Sertijab yang dilaksanakan sekali selama satu periode kepengurusan. Program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro ini yang bertujuan untuk mengadakan kegiatan yang bisa membekali para kader calon penerus tonggak kepengurusan di Himpunan Mahasiswa Jurusan Elektro supaya dapat menjadi organisator yang berkarakter, berkualitas, berintegritas, dan berbudi pekerti luhur, dan juga merupakan kegiatan serah terima jabatan dari fungsionaris sebelumnya kepada fungsionaris penerus yang baru.

Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro mengadakan kegiatan Diklat dan Sertijab 2021 dengan tema “Membangun Organisator yang Berkarakter, Berjiwa Pemimpin, dan Berintegritas” sebagai acara simbolis untuk meneruskan tonggak kepengurusan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang nantinya bisa dengan maksimal memfasilitasi masyarakat elektro, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik, serta sebagai sarana penyalur aspirasi dan pemersatu mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang dan berperan aktif dalam pengabdian masyarakat, penelitian, akademik, nonakademik, kontrol sosial, dan menjunjung tinggi nama Jurusan Teknik Elektro dan Politeknik Negeri Semarang di dalam maupun di luar lingkungan institusi.

Kegiatan Diklat dan Sertijab 2021 dengan tema “Membangun Organisator yang Berkarakter, Berjiwa Pemimpin, dan Berintegritas” telah diselenggarakan pada hari Sabtu-Senin, 29-31 Mei 2021 secara offline yaitu bertempat di Lapangan Tembak TNI-AD Tembalang dan Sertijab secara online dengan platform Zoom dengan peserta yakni calon fungsionaris Mahasiswa Elektro. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat memberikan bekal, ilmu, dan pengetahuan kepada calon fungsionaris Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro untuk bisa menjadi organisator yang berkualitas dan cakap dalam menjalankan fungsi-fungsi HMJ Teknik Elektro dalam bentuk memberikan materi yang disampaikan oleh beberapa pembicara yang berpengalaman.

Kegiatan Diklat Sertijab 2021 diawali dengan absensi panitia, inspeksi, dan briefing panitia dan peserta. Kemudian peserta mobilisasi ke Lapangan Tembak TNI-AD Tembalang dan pembukaan MC dibuka pukul 07.40 WIB. Setelah pembukaan, kegiatan ini dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua Pelaksana, sambutan Ketua Himpunan, sambutan Ketua Jurusan Teknik Elektro, dan sambutan Pembina HMJ Teknik Elektro. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi yang disambung dengan sesi tanya jawab untuk setiap materi yang disampaikan. Memasuki inti acara yang diawali dengan calon fungsionaris dikumpulkan di lapangan bola yang dipandu oleh salah satu fungsionaris. Kemudian kegiatan dilanjutkan pengecekan penugasan fungsionaris berupa hafalan nama sesama fungsionaris, visi dan misi HMJ Teknik Elektro, Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan sebagainya. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa parameter yang dicapai, salah satunya adalah menanamkan rasa solidaritas, kekeluargaan, attitude, dan komitmen terhadap calon fungsionaris. Kemudian acara ini dilanjutkan keesokan harinya dengan Forum Group Discussion sekaligus pengumuman pembagian Bidang/Divisi/PI lengkap  dengan jabatannya untuk setiap calon fungsionaris. Acara selanjutnya yaitu pencarian emblem sebagai simbol dari HMJ Teknik Elektro. Kegiatan Diklat dan Sertijab 2021 diakhiri dengan acara simbolik serah terima jabatan yaitu siraman yang dilakukan oleh fungsionaris periode 2020/2021 kepada fungsionaris HMJ Teknik Elektro periode 2021/2022. Kegiatan Diklat dan Sertijab 2021 ini telah berjalan dengan lancar walaupun terdapat beberapa kendala. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan Diklat dan Sertijab 2021 diharapkan fungsionaris HMJ Teknik Elektro periode 2021/2022 mampu bersikap totalitas, loyalitas, kritis, dan tanggap untuk kemajuan Jurusan Teknik Elektro serta dapat menjadikan HMJ Teknik Elektro sebagai wadah penyalur aspirasi mahasiswa elektro dengan sebaik-baiknya.