Politeknik Negeri Semarang (Polines) terpilih sebagai tuan rumah National Polytechnic English Olympics (NPEO) ke 8 tahun 2021. NPEO merupakan salah satu Kompetisi Bahasa Inggris Mahasiswa Politeknik yang telah ditetapkan oleh Bakorma (Badan Koordinasi Mahasiswa Politeknik) sebagai ajang kejuaraan tahunan mahasiswa politeknik nasional.

NPEO mengadakan kompetisi di dua bidang yakni kejuaraan debat dan non-debat dalam bahasa Inggris. Perdebatan tersebut menggunakan sistem parlementer Inggris. Non-debat meliputi casting berita, story-telling, pidato dan menulis. Tema NPEO ke 8 adalah Gaining Language Competence for Better life”. Sedangkan pelaksanaan kegiatan dalam 2 tahap yakni dummy rounds (23 - 26 Mei  2021) dan lomba (14 - 18 Juni 2021).

Ketua NPEO ke-8 2021, Dr. Dra. Sri Rahayu Zees, M.Ed mengatakan tahun ini NPEO ke-8 dilakukan di platform digital sejalan dengan norma social distancing akibat situasi pandemi covid19. “Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah NPEO, diadakan secara online,” ungkapnya.

NPEO bertujuan mempererat persatuan dan kesatuan Republik Indonesia dengan membangun kebersamaan dan kekeluargaan antar Politeknik di seluruh Indonesia. Selain itu sebagai salah satu upaya dalam rangka mencerdaskan bangsa dengan cara melatih kognitif mahasiswa untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas melalui proses berpikir dan bertindak cerdas.
Juga untuk meningkatkan kemampuan softskills mahasiswa Politeknik se Indonesia pada bidang Bahasa Inggris melalui kompetensi komunikasi dalam Debate, Speech, News Casting dan Story Telling pada khususnya dan penguasaan Bahasa Inggris pada umumnya.  Selain itu untuk menciptakan generasi-generasi muda yang selalu berpikir, bertindak dan memberikan yang terbaik.
NPEO ke 8 diikuti 327 peserta dari 51 politeknik negeri dan swasta dari seluruh Indonesia. Dengan perincian kompetisi debat diikuti 35 tim dari 35 Politeknik, news-casting diikuti 63 peserta dari 37 Politeknik, story-telling diikuti 72 peserta dari 45 Politeknik, pidato diikuti 73 peserta dari 43 Politeknik, dan penulisan diikuti 49 peserta dari 29 politeknik.



Dr. Dra. Sri Rahayu Zees, M.Ed selaku Ketua NPEO ke 8 berharap agar semua peserta mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya serta mendapatkan pengalaman yang paling berharga dan menyenangkan selama acara ini. Semoga acara ini dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan proses belajar mengajar bahasa Inggris di Politeknik di Indonesia”, “pungkasnya.