Salah satu kegiatan tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang adalah Kuliah Umum, yang mana pada tahun ini telah dilaksanakan pada hari Kamis, 29 April 2021. Kuliah Umum 2021 diadakan dengan tujuan mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi poin pertama yaitu Pendidikan, memberikan pandangan untuk mahasiswa tingkat II Jurusan Teknik Elektro mengenai perkembangan industri di dunia kerja, memotivasi mahasiswa dalam perkuliahan, dan membantu mahasiswa mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja.

Hal tersebut sesuai dengan misi Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yaitu mengadakan kegiatan yang bersifat kompetitif, edukatif, dan inovatif diantara mahasiswa elektro. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro mengadakan kegiatan Kuliah Umum 2021 yang bertema “Pentingnya Sertifikasi Kompetensi untuk Menghadapi Dunia Kerja” sebagai sarana pengembangan ilmu serta pengalaman bagi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dalam kegiatan pendidikan dan edukasi.

Kegiatan Kuliah Umum 2021 diikuti oleh mahasiswa tingkat II Jurusan Teknik Elektro dan beberapa tamu undangan diantaranya dari Kementrian Dalam Negeri BEM, Perwakilan BPM, Wali Dosen, Dosen Pengajar, Ketua Prodi, Ketua Jurusan, dan Direktur Politeknik Negeri Semarang. Kemudian dikarenakan masa pandemi belum berakhir, maka kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 07.00 – 11.25 WIB. Kuliah Umum 2021 dilaksanakan dalam beberapa sesi, dimana pada sesi pertama adalah pembukaan oleh MC yang kemudian diserahkan kepada moderator untuk memandu jalannya acara. Selanjutnya, pada sesi kedua merupakan penyampaian dari pemateri 1 mengenai materi-materi yang berhubungan dengan tema dari Kuliah Umum 2021. Kemudian setelah pemateri 1 selesai menyampaikan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi pertanyaan, penyerahan plakat kepada pemateri 1, dan sesi hiburan. Setelah sesi hiburan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh pemateri 2. Adapun pada selanjutnya adalah sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri yang dipandu oleh moderator, dimana pada sesi ini peserta mendapatkan informasi lebih dari pemateri yang mungkin belum tersampaikan oleh pemateri ketika penyampaian materi dan dilanjutkan dengan penyerahan plakat kepada pemateri 2. Memasuki sesi terakhir yaitu penyerahan plakat kepada moderator, pengumuman penanya terbaik, after movie, dan penutup. Kegiatan Kuliah Umum 2021 ditutup pada pukul 11.15 WIB oleh MC. Melalui kegiatan Kuliah Umum 2021 terdapat beberapa manfaat yang diperoleh peserta, diantaranya bertambahnya ilmu pengetahuan, wawasan, pikiran, dan sudut pandang dari sisi luar mahasiswa. Melalui kegiatan ini pula diharapkan akan berdampak pada perkembangan pendidikan di Politeknik Negeri Semarang khususnya Jurusan Teknik Elektro.

                                                 Pembukaan Kegiatan Kuliah Umum 2021 oleh MC