Salah satu program kerja dari Bidang Penalaran Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang yaitu kegiatan Temu Akademik yang dilaksanakan sekali selama satu periode kepengurusan. Program kerja ini sesuai dengan misi Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang bertujuan mengadakan kegiatan yang dapat tanggap dan peka terhadap lingkungan elektro dengan meningkatkan potensi, kreativitas, dan inovasi Mahasiswa Elektro.

Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro mengadakan kegiatan Temu Akademik 2021 dengan tema “Evolution (Evaluation to Realize Solution)” sebagai sarana untuk melayani serta memfasilitasi masyarakat elektro, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik, serta sebagai sarana penyalur aspirasi dan pemersatu mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang dan berperan aktif dalam pengabdian masyarakat, penelitian, akademik, nonakademik, kontrol sosial, dan menjunjung tinggi nama Jurusan Teknik Elektro dan Politeknik Negeri Semarang di dalam maupun di luar lingkungan institusi.

Kegiatan Temu Akademik 2021 dengan tema “Evolution (Evaluation to Realize Solution)” telah diselenggarakan pada hari Rabu, 21 April 2021 melalui platform Zoom dengan peserta yakni perwakilan Mahasiswa Elektro Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa elektro untuk menyampaikan aspirasi, kritik, serta saran mereka secara langsung dalam bentuk kegiatan diskusi umum yang membahas mengenai kualitas layanan akademik serta lingkungan yang kurang mendukung dalam kegiatan belajar mengajar sehingga nantinya mutu dan kualitas pendidikan dalam bidang akademik di Jurusan Teknik Elektro dapat lebih ditingkatkan.

Kegiatan Temu Akademik 2021 diawali dengan absensi panitia, inspeksi panitia, dan briefing panitia. Kemudian peserta memasuki Zoom dan acara dibuka pukul 08.00 WIB. Setelah pembukaan, kegiatan ini dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua Pelaksana, sambutan Ketua Himpunan, sambutan Ketua Jurusan Teknik Elektro, dan sambutan Wakil Direktur Bidang Akademik. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan angket dan MoU tahun lalu. Setelah itu dilanjutkan dengan penanyangan video wawancara perwakilan mahasiswa dari tingkat I, II, dan II. Kemudian dilanjutkan dengan tanggapan institusi tentang angket.

Memasuki inti acara yang diawali dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan hiburan, pembacaan MoU tahun 2021 dan penandatanganan MoU oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro, Ketua HMJ Teknik Elektro dan para saksi yang terdiri dari setiap Kaprodi Jurusan Teknik Elektro, Pembina HMJ Teknik Elektro serta perwakilan mahasiswa.

Kegiatan Temu Akademik 2021 diakhiri dengan pengumuman penghargaan dosen terbaik setiap prodi dilanjutkan doa serta penutupan oleh MC.  Kegiatan Temu Akademik 2021 ini telah berjalan dengan lancar walaupun terdapat beberapa kendala. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan Temu Akademik 2021 diharapkan mahasiswa elektro mampu bersikap kritis dan tanggap untuk kemajuan Jurusan Teknik Elektro serta dapat menjadikan HMJ Teknik Elektro sebagai wadah penyalur aspirasi mahasiswa elektro dengan sebaik-baiknya.

                                                               Sesi Tanya Jawab