HMJ Akuntansi adalah organisasi mahasiswa tingkat jurusan yang beranggotakan seluruh mahasiswa aktif Jurusan Akuntansi. HMJ Akuntansi merupakan fasilitator pengembangan potensi akademik maupun non akademik serta sebagai wadah penyalur aspirasi, ide, dan gagasan bagi seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi Polines. HMJ Akuntansi menjalankan tugasnya melalui adanya program kerja yang akan dilaksanakan untuk satu tahun kepengurusan.

Kebersamaan merupakan awal yang penting untuk menjalankan suatu hubungan. Kebersamaan tidak menghiraukan perbedaan di antara individu - individu yang ada walaupun Bangsa Indonesia memiliki latar belakang dengan perbedaan budaya, suku, ras, dan agama tidak menjadikan hal tersebut memecah belah bangsa ini. Justru dengan perbedaan yang kompleks tersebut dapat menjadi alat pemersatu dalam negeri ini. Kebersamaan yang dilakukan Bangsa Indonesia sejak dahulu hingga sekarang, yaitu gotong royong dalam lingkungan masyarakat. Namun seiring perkembangan zaman, bangsa ini tergerus oleh arus globalisasi yang menjadikan masyarakat Indonesia bersikap individualisme. Hal tersebut secara perlahan akan menenggelamkan budaya sikap Bangsa Indonesia yang sudah tertanam sejak dahulu.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang mengadakan kegiatan Makrab Jurusan Akuntansi (MAJU AKU) 2021 yang ditujukan kepada seluruh Mahasiswa Baru Jurusan Akuntansi dengan tema Together We Strengthen the Chemistry and Solidarity in  Pandemic. Kegiatan MAJU AKU 2021 ini juga merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga, yaitu pengabdian masyarakat dengan tujuan agar mahasiswa mampu memahami dan meneladani tentang adanya strata sosial, ekonomi, kemampuan akademis, dan budaya. 

Adapun pelaksanaan kegiatan Makrab Jurusan Akuntansi 2021 dengan tema “Together We Strengthen the Chemistry and Solidarity in  Pandemic” oleh HMJ Akuntansi ini akan dilaksanakan pada Sabtu - Minggu, 10 – 11 April 2021

Kegiatan Makrab Jurusan Akuntansi (MAJU AKU) 2021 dengan tema “Together We Strengthen the Chemistry and Solidarity in  Pandemic” dimulai dari pembentukan kepanitiaan yang bertugas sesuai dengan jobdesk yang telah ditentukan. Dilajutkan dengan dilakukan diskusi antar panitia dan rapat paripurna guna memantapkan rancangan kegiatan. Makrab Jurusan Akuntansi akan dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama  akan dilaksankan secara online dengan kegiatan pengenalan Jurusan Akuntansi kepada Mahasiswa Baru Jurusan Akuntansi, penampilan video setiap kelas, serta sesi wali dosen yang akan sangat bermanfaat bagi Mahasiswa Baru untuk menambah keakraban dan pengetahuan tentang Jurusan Akuntansi. Pada hari kedua merupakan kegiatan Bakti Masyarakat dengan kegiatan pembagian sembako kepada warga yang berada di Desa Bandarharjo dan Desa Jabungan. Adapun kegiatan bakti masyarakat merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan maksud untuk menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi dan rasa kepedulian terhadap sesama.