Studi Banding adalah salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang khususnya bidang Hubungan Masyarakat (Humas). Kegiatan Studi Banding sendiri merupakan program kerja terprogram yang setiap tahun diadakan demi peningkatan dan pengembangan kualitas Jurusan dengan himpunan maupun masing-masing SDM yang ada.

Dalam Studi Banding kali ini tema yang diambil adalah “Membangun Relasi Ciptakan Generasi yang Kaya Ide dan Inovasi”. Studi Banding kali ini Himpunan Mahasiswa Mesin mengajak Departemen Teknik Mesin Sekolah Vokasi Uneiversitas Gadjah Mada beserta organisasi kemahasiswaan jurusan Keluarga Mahasiswa Departemen Teknik Mesin Sekolah Vokasi Uneiversitas Gadjah Mada (KMDTM).

Acara Studi Banding dilaksanakan pada tanggal 17 April 2021 dan diselenggarakan serta diikuti dengan sistem online dalam jaringan via zoom. Dengan jumlah Panitia Offline Sebanyak 30 orang dengan protokol Kesehatan.

Adapun kegiatan yang dilakukan pada acara Studi Banding diantaranya meliputi dua sub kegiatan yaitu Studi Banding dengan masing -masing jurusan mesin dan Studi Banding dengan masing-masing Himpunan mesin dari Politeknik Negeri Semarang dengan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

Studi Banding diawali dengan masing-masing jurusan yang mana kegiatan berisi mengenai pengenalan Departemen Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada,mereka mengenalkan mengenai system kuliah,fasilitas kerja,program jurusan, Kerjasama perusahaan,prospek kerja dan lainnya,serta ditutup dengan sesi tanya jawab. Dalam sub kegiatan ini peserta yang diajak adalah seluruh mahasiswa mesin Politeknik Negeri Semarang dan dihadiri 252 peserta.

Untuk acara Studi Banding himpunan dihadiri oleh masing-masing pengurus dan calon pengurus masing-masing himpunan. Kegiatan diawali dengan pengenalan masing-masing himpunan serta pengenalan mobil listrik dari masing-masing institusi dan setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah itu sesi dilanjutkan dengan system breakout ruangan untuk pembahasan masing-masing bidang melalui focus grub discussion. Acara diakhiri dengan saling mengucapkan terimakasih dan ditutup oleh MC.