Salah satu program kerja dari Divisi Teknik Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang yaitu kegiatan Sharing Technology yang dilaksanakan sekali selama satu periode kepengurusan. Program kerja ini sesuai dengan misi Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang bertujuan mengadakan kegiatan yang bersifat kompetitif, edukatif, inovatif di antara Mahasiwa Elektro.

Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro mengadakan kegiatan Sharing Technology 2021 dengan tema “Trident” sebagai sarana edukatif bagi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dalam bentuk webinar dan workshop yang berjudul “Basic Knowledge of UI/UX and How It Become a Trend”. Kegiatan Sharing Technology ini merupakan salah satu acara dari serangkaian kegiatan EFFECTION 2021 oleh Himpunan Mahasiswa Elektro. Kegiatan Sharing Technology dengan tema “Trident” telah diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 April 2021 melalui platform Zoom dengan peserta yakni mahasiswa elektro dan masyarakat umum. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknologi kepada warga elektro pada khususnya dan masyarakat umum.

Kegiatan Sharing Technology diawali dengan absensi panitia, inspeksi panitia, dan briefing panitia. Kemudian peserta memasuki Zoom dan acara dibuka pada pukul 08.00 WIB. Setelah pembukaan, kegiatan ini dilanjut dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua Pelaksana, sambutan Ketua Himpunan, dan sambutan Pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro. Kegiatan Sharing Technology 2021 ini berlangsung dengan dua sesi acara yaitu webinar dan workshop. Kemudian memasuki inti acara yang diawali dengan pengenalan moderator, yaitu Reydha Pulpy, seorang presenter dan reporter Kompas TV Jawa Tengah. Sebelum memulai sesi pertama, acara ini diawali dengan pembukaan webinar yang diisi dengan pengenalan pembicara webinar, yaitu Alif Ghibran Imawan seorang Product Designer at Ruangguru serta absensi peserta. Pada sesi webinar dilakukan pemberian materi mengenai UI/UX dengan judul “Basic Knowledge of UI/UX and How It Become Trend” dan tanya jawab kepada pemateri. Adapun kegiatan webinar ini diselingi dengan pembacaan juara dan hiburan dari kegiatan Electro Charity Competition oleh pembawa acara kegiatan tersebut.

Kegiatan Sharing Technology kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu workshop dengan pemberian materi oleh pembicara kedua, yaitu Riko Sapto Dimo yang memberikan pelatihan kepada peserta mengenai UI/UX menggunakan bantuan sebuah aplikasi pengolah grafis bernama Figma dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Adapun kegiatan selanjutnya adalah special quiz yang disponsori oleh MS Glow, dimana hadiah dari quiz ini berupa uang tunai sebesar Rp 500.000,- untuk dua orang pemenang. Quiz ini berupa dua buah pertanyaan kemudian peserta dimohon untuk menghubungi nomor telepon yang tertera pada Zoom untuk mendapat pertanyaan dan menjawab pertanyaan dengan benar.

Kegiatan Sharing Technology 2021 diakhiri dengan pengumuman peserta yang telah turut berpartisipasi memeriahkan acara untuk mendapatkan hadiah menarik dan dilanjutkan dengan penutupan oleh MC.  Kegiatan Sharing Technology ini dapat berjalan dengan lancar walaupun terdapat beberapa kendala. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan Sharing Technology 2021 diharapkan peserta dapat berinovasi, berkreasi dengan keterampilan, menambah pengetahuan mengenai perkembangan teknologi saat ini terutama mengenai dunia UI/UX dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari serta dapat meningkatkan kualitas penyelenggara Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro sebagai sarana informasi dan fasilitator.