Kegiatan Lintas Alam (LA) merupakan kegiatan rutinan yang dilaksanakan UKM Racana Pandawa setiap tahun. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kaderisasi anggota Racana Pandawa sekaligus evaluasi dari program kerja Sekar Pandawa (Serangkaian Penguatan Karakter Pandawa) yang telah dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan.

Tema kegiatan LA yang diangkat pada tahun ini adalah "Know Yourself by Your Journey" yang artinya ketahui dirimu dengan perjalananmu. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan Lintas Alam ini, peserta mendapatkan berbagai pengetahuan serta pengalaman baru untuk mengembangkan diri mereka.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan pada pukul 07.00 di halaman gedung PKM Baru Polines dengan pembina upacara Kak Nanda Novita Forest M yang merupakan Purna Bhakti Racana Pandawa. Setelahnya, peserta dipimpin untuk pemanasan pagi, pembagian kelompok, serta pembekalan.

Peserta kemudian melakukan Long March atau berjalan jauh dari jalan Rowosari ke lokasi Brown Canyon. Jalur yang digunakan adalah jalan dalam serta jalan setapak sehingga tidak menggangu lalu lintas di jalan utama. Selama perjalanan, peserta tidak hanya berjalan, tetapi juga mendapatkan penugasan di pos-pos yang telah ditentukan sebelumnya. Ada 6 pos, yaitu Pos Sandi dan Kode, Pos Tali-temali, Pos Survival, Pos Peta Perjalanan & Panorama, Pos Permainan, dan Pos Tenda. Ishoma siang dilaksanakan di Musholla Nurul Falah yang terletak di antara pos 3 dan 4, sedangkan solat Ashar dilaksanakan di dekat pos 5. Peserta selesai melaksanakan tugas di pos 6 yang terletak di lokasi akhir pada pukul 17.30. Di lokasi, peserta melakukan bersih diri, istirahat, solat Maghrib, solat Isya', dan makan malam hingga pukul 19.30.

Malamnya, diadakan Upacara Api Unggun dengan pembina upacara adalah Kak Kholil Abdur Rasyid yang merupakan Purna Bhakti Racana Pandawa. Kemudian malam keakraban yang diisi peserta, dewan Racana, serta Purna Bhakti. Beberapa peserta melalui uji satya sebelum kegiatan hari pertama diakhiri dengan tidur.

Hari ke dua dimulai pada pukul 01.30, di mana peserta bangun tidur, kemudian proses kaderisasi yang terdiri dari evaluasi peserta, renungan, serta prosesi adat yang selesai pada pukul 4.30.

Kegiatan dilanjutkan dengan solat Subuh, istirahat dan bersih diri hingga pukul 5.45. Dilanjutkan dengan kegiatan memasak oleh peserta dan dewan Racana, serta sarapan pagi. Pukul 08.00 hingga 08.40, diadakan permainan untuk refreshing, menguji kekompakan dan untuk mempererat hubungan antara peserta dan dewan Racana. Setelah itu, dilaksanakan upacara penutupan kegiatan dengan pembina upacara Kak Rohmad Salam.

                                                         Game

Hari ke dua ditutup dengan penanaman dua bibit pohon yang mempresentasikan satuan Putra dan Putri Racana Pandawa di lokasi Brown Canyon dengan bimbingan juru jaga daerah tersebut. Kemudian peserta dan dewan Racana membersihkan lokasi dan bersiap untuk pulang pada pukul 10.00.