Politeknik Negeri Semarang (Polines) sebagai lembaga pendidikan vokasi menyelenggarakan program pendidikan yang terdiri dari kuliah teori dan kuliah praktik. Dengan salah satu tujuannya yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian di bidang teknologi dan bisnis yang diakui dunia industri melalui pola pendidikan berbasis produksi.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Politeknik Negeri Semarang memberikan kesempatan kepada mahasiswa seluruh jurusan untuk mengenal dan melihat langsung dunia industri melalui kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang merupakan kegiatan akademik di luar kampus Polines.

Pada tanggal 25 Maret 2021, kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Program Sarjana Terapan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang yang bertema “Prepare Your Youth for The Better Future” telah dilaksanakan secara online melalui media zoom meeting. Kegiatan KKL ini diikuti oleh 193 mahasiswa semester 5 Sarjana Terapan (S.Tr) jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang yang berasal dari Program Studi Komputerisasi Akuntansi, Perbankan Syariah, Analis Keuangan, dan Akuntansi Manajerial, serta Ibu Ketua Jurusan Akuntansi, 4 Ketua Program Studi, dan 8 Bapak Ibu Dosen Wali.

Kegiatan ini diawali dengan sesi pembukaan oleh MC dan sambutan oleh Ketua Pelaksana KKL, Eurico Ramantika, Ketua Jurusan Akuntansi, Ibu Siti Arbainah, S.E., M.M., dan sambutan serta pembukaan secara resmi oleh Bapak Ir. Endro Wasito, M.Kom. selaku Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Semarang.

Kegiatan dilanjut dengan sesi pemaparan materi dan tanya jawab yang terdiri menjadi 2 sesi dan diisi oleh 4 pembicara dari beberapa perusahaan/instansi yang berbeda. Pada sesi 1, untuk Program Studi Komputerisasi Akuntansi, materi dibawakan oleh Bapak Edwin dari FAC Institute, untuk Program Studi Akuntansi Manajerial, oleh Bapak Erwin Miftah, SE, MHRM., Ak. CIA., CA. dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan untuk Program Studi Analis Keuangan serta Perbankan Syariah, materi dibawakan oleh Ibu Frizka Magdalena dan Ibu Reninta Ginka dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo. Pada sesi 2, seluruh program studi mendapat materi dari pembicara kami yang terakhir yaitu Bapak Adhi Praditia, M.Pd. dari PT Zahir Internasional.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan penyampaian kesan pesan dari 4 mahasiswa dari masing masing program studi dan Bapak Edi Wijayanto S.E., M.Si. selaku dosen koordinator KKL. Kegiatan ini telah berjalan lancar sebagaimana mestinya. Meskipun kegiatan KKL ini diselenggarakan secara online, semoga ilmu yang didapat dapat bermanfaat dan tujuan kegiatan ini dapat tercapai.

 

                              KKL Sesi 1 Program Studi Komputerisasi Akuntansi (FAC Institute)