Bakti Masyarakat 2021 dengan tema “Menumbuhkan Rasa Kepedulian Mahasiswa Mesin Kepada Masyarakat Agar Terbentuk Kebersamaan dan Berjiwa Sosial” merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Mesin Politeknik Negeri Semarang khususnya Bidang Hubungan Masyarakat (Humas). Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat yang nantinya mahasiswa dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap masyarakat dan menumbuhkan jiwa gotong royong antara mahasiswa dengan masyarakat sekitar.

Acara Bakti Masyarakat ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa mesin POLINES tingkat satu, dengan peserta offline sebanyak 30 mahasiswa baru, dan peserta daring 258 mahasiswa baru. Panitia offline dalam kegiatan ini dibatasi sebanyak 33 orang. Bakti Masyarakat taun ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

BAKMAS 2021 dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 27-28 Maret 2021 bertempat di Desa Kalikayen, Kecamatan Ungaran Timur. Selain dilakukan secara offline, juga dilaksanakan secara daring melalui aplikasi video conference and meeting yaitu zoom.

Adapun kegiatan pada hari Sabtu yaitu kerja bakti di Desa Kalikayen. Kerja bakti dilaksanakan oleh peserta offline yang terdiri dari mahasiswa baru mesin sebanyak 30 orang. Kerja bakti dilaksanakan pada 4 titik yaitu, pos kampling,balai desa,SD Kalikayen, dan Masjid. Selain kerja bakti juga ada pemasangan plang dan tanam pohon oleh peserta BAKMAS yang dipandu oleh panitia.