Sesuai dengan Peraturan Akademik Politeknik Negeri Semarang Nomor 481/N11/SK/2006 Pasal 13 ayat 2 yang menyatakan bahwa program pendidikan terdiri dari kuliah teori dan praktek sesuai dengan kurikulum, salah satu di dalamnya adalah Kuliah Kerja Lapangan yang pada tahun ini dilaksanakan secara online menggunakan platform zoom.

Kegiatan KKL Jurusan Teknik Sipil 2021 dilaksanakan dengan tujuan mengetahui, memahami, dan mempelajari permasalahan di bidang teknik sipil; sebagai upaya pembekalan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil agar memiliki kompetensi sesuai dengan permintaan pasar kerja; dan sebagai upaya memperoleh keahlian dalam bidang Teknik Sipil yang nantinya dapat diterapkan dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

       Kegiatan KKL Jurusan Teknik Sipil 2021 melibatkan 24 mahasiswa perwakilan kelas sebagai panitia dan 6 mahasiswa STO HMS 2020/2021. Kegiatan ini diikuti oleh 194 mahasiswa dari Jurusan Teknik Sipil Program Studi Konstruksi Sipil, Konstruksi Gedung, dan Perawatan dan Perbaikan Gedung, 8 Wali Dosen, 3 Kepala Prodi, Kepala Jurusan, dan Sekretaris Jurusan. Materi KKL diberikan oleh 4 orang Pembicara, yaitu : Bpk Wahono, A.Md. (CV.Prima Usaha Baru Group), Bpk. Arnanda Aditya Budhi Aptama, S.T. (PT. Waskita Karya), Bpk. Rizki Pangestu Setiawan, S.T. (PT. Waskita Karya), Bpk. Januar Prihanantio, S.T.,M.T. (PT. Adhi Persada Gedung). Acara dilaksanakan secara online melalui platform zoom pada hari Senin, tanggal 22 Maret 2021 untuk seluruh peserta, sementara untuk panitia diberlalkukan sesuai jobdesk yang diberikan. Sejumlah 24 mahasiswa perwakilan kelas dan 6 orang STO HMS 2020/2021 menjadi panitia offline dengan tetap menerapkan aturan protocol kesehatan yang berlaku.

       Pada Senin, 22 Maret 2021 kegiatan KKL Jurusan Teknik Sipil 2021 dilaksanakan melalui platform zoom yang diawali dengan absensi panitia, inspeksi panitia, dan briefing panitia. Kemudian peserta memasuki zoom dan acara dibuka pukul 08.00 WIB. Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana dan Ketua Jurusan Teknik Sipil. Lalu memasuki acara inti yaitu penyampaian materi KKL oleh pembicara yang diawali oleh Bpk Wahono, A.Md. (CV.Prima Usaha Baru Group) sebagai pembicara pertama dengan materi Proyek Pembangunan Sekolah dan Tempat Tinggal 2 Lantai dan dilanjutkan sesi tanya jawab. Pembicara kedua diisi oleh Bpk. Arnanda Aditya Budhi Aptama, S.T. (PT. Waskita Karya) dengan materi Proyek Pembangunan Bendungan Jlantah Karanganyar dan sesi tanya jawab. Selanjutnya pembicara ketiga menyampaikan materi Proyek Pembangunan IPAL Palembang Paket b2b oleh Bpk. Rizki Pangestu Setiawan, S.T. (PT. Waskita Karya) dan disertai sesi tanya jawab. Pembicara terakhir disampaikan oleh Bpk. Januar Prihanantio, S.T.,M.T. (PT. Adhi Persada Gedung) dengan materi Proyek Pembangunan Gedung DPRD Jawa Tengah dan diikuti dengan sesi tanya jawab.  

       Setelah penyampaian dari ke-empat pemateri yang dimulai pukul 08.30-13.55 WIB selesai, kegiatan dilanjutkan dengan menyimpulkan hasil pemaparan materi KKL. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi penutupan dan foto bersama.

       Kegiatan KKL Jurusan Teknik Sipil 2021 secara keseluruhan dapat berjalan secara lancar walaupun terdapat beberapa kendala dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini para peserta dapat menyerap ilmu yang telah disampaikan oleh pembicara serta dapat berguna dan diterapkan pada dunia kerja nantinya.