KKL atau Kuliah Kerja Lapangan merupakan salah satu kegiatan Jurusan Akuntansi yang diadakan secara rutin setiap tahunnya dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi D3 Akuntansi dan D3 Keuangan & Perbankan Jurusan Akuntansi. Namun karena adanya pandemi Covid-19, maka KKL tahun 2021 dilaksanakan secara online melalui zoom meetings selama 2 hari yaitu 24-25 Maret 2021.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu memotivasi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan pengamatan lapangan guna menambah pengetahuan praktisi dalam dunia bisnis (industri), menanamkan kebiasaan belajar dari pengalaman para praktisi (pelaku bisnis) yang dapat memperluas wawasan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dan meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan dunia  industri.

                   Pada hari pertama, kegiatan ini diawali dengan sambutan Ketua Jurusan Akuntansi yaitu Siti Arbainah, S.E., M.M. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari  2 pembicara dan 1 mystery guest, yaitu Sucipto yang berasal dari KPP BC TMP A Semarang, Yudi Agung Nugroho yang berasal dari Bank Indonesia , dan Edi Tri Wibowo yang berasal dari OJK sebagai mystery guest. Selain itu, pada hari pertama juga terdapat games untuk membangkitkan semangat peserta dalam mengikuti kegiatan KKL 2021. Pada hari kedua kegiatan ini diisi oleh 3 pembicara, yaitu Akhmad Nurnyanto dari Bursa Efek Indonsia, Delima Boru Manalu dan Muhammad Arifin dari KPP Madya Semarang, dan Mutiara dari KAP KPMG Indonesia. Kegiatan ini ditutup dengan hiburan dari UKM KONSEP, Nisnira Marcy, Oengaran Menari, dan Tania ArtPriend.

                   “Kegiatan KKL tahun ini dilaksanakan secara daring pada tanggal 24-25 Maret 2021 melalui platform zoom meetings, namun hal tersebut tidak mengurangi antusias teman-teman D3 Jurusan Akuntansi. Kami panitia mengundang berbagai narasumber yang ahli dibidangnya. Meskipun diselenggarakan secara online, interaksi peserta dan pembicara terjalin sangat aktif. Dan alhamdulillah KKL D3 Akuntansi berjalan dengan lancar”, ucap Syahfitri Maharani selaku ketua pelaksana KKL D3 Akuntansi.

 

                             Penyerahan sertifikat secara simbolis kepada Bank Indonesia