Minggu (15/11) KSR PMI Unit Politeknik Negeri Semarang telah melaksanakan Pra Diklatsar dan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) pertama kali secara daring melalui  media Zoom dengan peserta Cata Angkatan 37 sebanyak 64 orang yang dimulai pukul 07.00 WIB.

Rangkaian kegiatan Pra diklatsar pada hari pertama, 14 November 2020 yaitu pemilihan Kasuk (Kepala Suku) dari Angkatan 37, terpilih Lukman Jurusan Teknik Mesin Kelas ME-1D. Kasuk ini dipilih dengan tujuan untuk memberi semangat, menjaga teman-temannya, dan bertanggungjawab kepada Angkatan 37 dari mulai Diklatsar sampai pelantikan menjadi anggota KSR. Kemudian, untuk Cata 37 menyampakain komitmen saat berlangsungnya acara Diklatsar di form yang sudah disediakan oleh panitia yang berisikan tetap semangat, jangan mengantuk, jangan menyerah, serta selalu optimis untuk mengikuti serangkaian kegiatan KSR. Kemudian, penyampaian materi pertama tentang Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah oleh Pak H. Surachman, materi kedua tentang Lambang dan Prinsip oleh Pak Jatmiko, penyampain materi ketiga tentang Hukum Perikemanusiaan Internasional, kemudian Ice breaking yang diikuti oleh Cata 37, dan diakhiri dengan Daily Test.

Kegiatan Diklatsar hari kedua, yaitu pada tanggal 15 November 2020. Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan yang dibuka oleh Ketua Pelaksana Diklatsar, Komandan, dan Pembina KSR PMI Unit Polines yang turut hadir memberikan sambutan. Peserta upacara Diklatsar dihadiri oleh perwakilan dari delegasi dari UKM Polines, Cata Angkatan 37, Panitia 36, Pengurus 35 dan KSR Perguruan Tinggi  se-Kota Semarang.