Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia yang selanjutnya disingkat sebagai FKMPI merupakan wadah penyatuan mahasiswa politeknik dari seluruh Indonesia. Tujuan dari FKMPI sendiri untuk menjadi wadah komunikasi, aspirasi dan pengembangan minat-bakat mahasiswa politeknik.

Dalam usahanya mewadahi komunikasi dan aspirasi serta mengembangkan minat-bakat mahasiswa politeknik FKMPI memiliki struktur organisasi yang dipimpin oleh seorang Sekretaris Jendral, dibantu oleh Staff Kesekretariatan sebagai pengelola arsip, Staff Keuangan sebagai pengelola anggara, Bidang Penalaran dan Keilmuan yang bergerak dalam peningkatkan pengetahuan dan keilmuan, Bidang Komunikasi dan Informasi yang bergerak dalam menyebarluaskan Informasi dan mengelola media sosial FKMPI, Bidang Sosial Masyarakat yang bergerak dalam kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, dan Bidang Kajian dan Strategi yang bergerak dalam melakukan kajian, analisis dan merekomendasikan penyikapan terhadap isu-isu yang berkembang. Selain itu juga terdapat Koordinator Wilayah sebagai kepanjangan tangan dari Sekretaris Jendral di wilayah-wilayah Indonesia agar program kerja dan agenda FKMPI dapat tersebar luas dan terasa kebermanfaatannya di seluruh Politeknik di Indonesia.

  

Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia baru-baru ini menyelenggarakan Musyawarah Nasional ke – XXI yang diselenggarakan di Politeknik Pertanian Samarinda pada tanggal 20-25 Juli 2020 yang dihadiri 180 peserta dari 69 Politeknik di Indonesia. Kegiatan ini merupakan wadah pelaporan pertanggungjawaban selama satu tahun kepengurusan fungsinaris nasional dan untuk menetapkan Sekretaris Jendral serta tuan rumah munas periode berikutnya. Hasil dari musyawarah nasional ke – XXI menetapkan Sdr. M. Fadhilla Rais sebagai sekretaris Jendral periode 2020-2021 dan menetapkan Politeknik Perikanan Negeri Tual sebagai tuan rumah musyawarah nasional tahun 2021.

Dalam kegiatan ini Bidang Penalaran dan Keilmuan FKMPI memberikan FKMPI Awards sebagai bentuk apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan olek Tim FKMPI daerah dan Tim FKMPI kampus. FKMPI Awards ini memberikan penghargaan diberbagai kategori yaitu Sosma Terbaik, Kominfo Terbaik, P&K Terbaik, Daerah Terbaik, Politeknik Terbaik,  dan Tim FKMPI terbaik. Tim FKMPI Politeknik Negeri Semarang yang telah berdiri selama empat tahun dan selalu melakukan kegiatan yang inovatif, dan bermanfaat bagi Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang dan tentunya masyrakat luas memperoleh predikat Tim FKMPI terbaik. Berbagai kegiatan yang dilakukan Tim FKMPI Politeknik Negeri Semarang antara lain Gerakan Jawa Hijau atau lebih dikenal dengan Gajah sebagai wujud nyata kepedulian Tim FKMPI Politeknik Negeri Semarang terhadap lingkungan, Sekoper Orda sebagai wujud nyata mewadahi dan memberikan informasi kepada organisasi-organisasi daerah, FKMPI Mengajar sebagai bentuk nyata dari komitmen Tim FKMPI untuk mencerdaskan Indonesia, Kajian Terbuka sebagai wadah aspirasi dan penumbuhan jiwa kritis masyarakat Indonesia, serta kegiatan-kegiatan lain sebagai bentuk realisasi tujuan Tim FKMPI Polines.