Dalam rangka program intrakurikuler Kuliah Kerja Lapangan, 48 mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Semarang, dengan didampingi 3 orang dosen, melaksanakan kunjungan industri ke PT Komatsu Undercarriage Indonesia (KUI), di Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Bekasi, pada hari Selasa, 11 Februari 2020. KUI merupakan perusahaan Komatsu di Indonesia yang memproduksi komponen alat berat untuk undercarriage atau rangka bawah dari Komatsu Bulldozer dan Hydraulic Excavator.

Rombongan diterima oleh Asep Kamaludin selaku Manager Takumi Training Center dan didampingi 2 orang alumni Politeknik Negeri Semarang yang bekerja di perusahaan tersebut, yaitu Herry Sunarya, alumni Teknik Mesin Polines angkatan 1990 yang saat ini menjabat sebagai Manager Produksi Assembly, dan Siswoyo GS, alumni Teknik Listrik angkatan 2004 selaku Supervisor HR and General Affairs.

Dalam sambutannya, Herry memperkenalkan beberapa alumni yang bekerja di Komatsu Undercarriage Indonesia, di antaranya Erwan Yulianto, alumni Teknik Elektro angkatan 1986, selaku Executive Officer sekaligus Direktur di PT Komatsu Indonesia. Kemudian Helmi Yusuf, alumni Administrasi Niaga angkatan 1998 selaku Manager Finance dan Accounting, serta Yanuar, alumni Teknik Mesin angkatan 2003 selaku staff Engineering Design. Herry menyatakan sangat berkesan dan gembira, dapat menerima adik-adik kelasnya dan juga dosennya semasa kuliah dulu. Dalam kesempatan tersebut, rombongan diberikan penjelasan di ruangan mengenai profil perusahaan and production flow process, dan diajak menikmati plant tour untuk melihat langsung proses produksi kemudian diakhiri dengan tanya jawab, saling tukar cindera mata dan foto bersama. Dia juga menjelaskan bahwa PT Komatsu Undercarriage Indonesia telah menjalin kerjasama link and match dengan beberapa SMK di Indonesia, salah satunya SMK Jateng.

Ketua rombongan Polines, Kunto Purbono berharap agar program ini bisa dilanjutkan untuk Pendidikan Diploma dengan Politeknik Negeri Semarang. Dan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan PT Komatsu Undercarriage Indonesia menerima kunjungan tersebut. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang dunia kerja dan industri manufaktur alat berat.