Politeknik Negeri Semarang (Polines) membuka kesempatan kepada siswa SMA/MA/SMK untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi melalui penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021. Program penerimaan mahasiswa baru dengan nama Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Polines terbagi dalam beberapa jalur masuk.

Yakni Jalur Undangan (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri -SNMPN), Jalur Hafidz Al Qur’an, Jalur Kerjasama (MAJ, MSU), Jalur Ujian Tulis (Seleksi Potensi Akademik-SPA, Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri-SBMPN, Ujian Mandiri-UM), dan Jalur Magister Terapan (S2) Teknik Telekomunikasi.

Direktur Polines, Ir. Supriyadi, MT mengatakan saat ini Polines memiliki 24 program studi (prodi). Terdiri 12 prodi Diploma 3 (D3), 11 prodi Sarjana Terapan dan 1 prodi Magister Terapan.  “Saat ini Polines telah terakreditasi Institusi A dari BAN-PT,” jelasnya di ruang kerjanya, Kampus Polines, Tembalang, Selasa (11/2). Polines, lanjut Supriyadi, saat ini memiliki 10 prodi yang telah terakreditasi A dari BAN-PT selebihnya prodi terakreditasi B. “Kami berkomitmen, kedepan semua prodi di Polines diharapkan dapat terakreditasi A,”ungkap Supriyadi.

Agar mahasiswa kelak saat lulus memiliki daya saing di dunia kerja, Polines membekali soft skill mahasiswa. “Selain itu sebagai modal dalam persaingan global, mahasiswa Polines dibekali kemampuan penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris, sertifikasi dan kewirausahaan serta magang terprogram,”jelasnya. Magang terprogram untuk meningkatkan kompetensi profesi, softskill, serta budaya kerja industri.

Jumlah pendaftar SPMB Polines tahun lalu sebanyak 24.792 orang. Sedangkan mahasiswa baru yang diterima sebanyak 1.902 pendaftar. Tiga besar program studi yang paling diminati pendaftar dari berbagai jalur masuk SPMB Polines tahun lalu sebagai pilihan pertama adalah peringkat pertama program studi D3 Akuntansi. Dengan pendaftar sebanyak 2.241 orang. Pendaftar terbanyak kedua memilih program studi D3 Administrasi Bisnis dengan pendaftar sebanyak 2.100 orang. Sedangkan peringkat ketiga adalah D3 Konstruksi Sipil dengan pendaftar sebanyak 1.823 orang. Ia berharap, pendaftar jeli dalam memilih prodi. Mengingat persaingan antar pendaftar kian ketat.

Lebih lanjut menurut Direktur Polines, alasan peminat lulusan SMA sederajat menempuh studi di Polines di antaranya Polines adalah PTN vokasi yang mencetak lulusan siap kerja pada bidang industri bisnis dan teknologi. Juga masa kuliah di Polines relatif lebih pendek yaitu tiga tahun untuk program Diploma serta empat tahun untuk program Sarjana Terapan. Serta pertimbangan mudahnya mencari pekerjaan karena kurikulum di Polines dirancang relatif lebih banyak materi praktek daripada teori yang berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Bagi lulusan SMA/SMK/MA yang berminat kuliah di Polines, saat ini telah dibuka beberapa jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Polines. Yakni jalur SNMPN dibuka hingga 6 Maret 2020. SPA dibuka hingga 21 Februari 2020, Jalur Hafidz Al Qur’an dibuka hingga 21 Februari 2020. Pendaftaran secara online melalui laman https://pmb.polines.ac.id/