Mahasiswa Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang (Polines) Hermansyah berhasil menjadi Juara 2 Seleksi Nasional Asean Skill Competition (ASC) ke XIII Tahun 2019 bidang Mechanical Engineering CAD. Penyelenggaraan di Binus University 20-22 Agustus 2019 Jakarta  oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Pemenang tingkat nasional akan mengikuti pemusatan latihan untuk kompetisi ASC di Singapore Juli 2020.

Asean Skill Competition (ASC) merupakan atau Worldskills ASEAN adalah kompetisi ketrampilam antar Negara-negara ASEAN yang diselenggarakan 2 (dua) tahun sekali pada tahun genap. ASC XIII di Singapura akan diselenggarakan pada 25 s.d 30 Juli 2020. Tahapan menuju ke Singapura diperlukan proses seleksi daerah (selekda), seleksi nasional (seleknas) dan pemusatan pelatihan.

Materi lomba CAD Mechanical Engineering dengan software Autodesk Inventor meliputi sesi 1 Mechanical Fabrication (5 jam); sesi 2 Mechanical Assembly (5 jam); dan sesi 3 Reverse Engineering (4 jam).

Dr.Ir.Suharto,M.Pd., selaku dosen pendamping mengatakan ada 3 (tiga) mahasiswa Polines yang ikut serta seleknas di Jakarta dan salah satunya berhasil meraih juara 2 adalah Hermansyah. Keikutsertaan di Seleknas ASC ini merupakan pengalaman penting dan bermanfaat bagi mahasiswa maupun bagi Polines. Penerapan engineering software dalam bidang teknik mesin dapat berkontribusi dalam peningkatan efisiensi, efektifitas, produktifitas dan daya saing”, katanya.