Dra. Netty Nurdiani, M.Hum, dosen Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang (Polines) dinyatakan lulus sebagai doktor usai ujian promosi (terbuka) Program Doktor Linguistik, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta,  Kamis (15/8) di ruang sidang III, lantai 6, Pascasarjana UNS, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan Surakarta.

Promovenda menyampaikan disertasi dengan judul “Sistem Aprasial Bahasa Buruh Migran Indonesia di Hongkong dalam Majalah Iqro dan CahayaQu (Kajian Linguistik Sistemik Fungsional)”. Selaku Promotor, Prof. Dr. Djatmika, MA, Dr. Tri Wiratno, MA (Ko.Promotor I), Prof. Dr. Sumarlam, MS (Ko. Promotor II).

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Afek, Penilaian dan Apresiasi serta menjelaskan Sumber Sikap dan alasan mengapa terjadi hal seperti itu pada Buruh Migran Indonesia (BMI) di Hongkong terhadap majikan, teman, keluarga dan agen dalam majalah Iqro dan CahayaQu. Peneleitian tentang Aprasial merupakan Evaluasi yang meliputi ranah Sikap dan Sumber Sikap dalam kajian Linguistik Sistemik Fungsional.

Dari analisis terhadap teks tentang sistem Aprasial ini dapat dikatakan bahwa ada korelasi antara Afek Tidak Bahagia : Sedih, Penghakiman: Normalitas Negatif dan Apresiasi Reaksi: Kualitas Negatif. Ketiga subkategori Sikap tersebut saling bersinergi membangun Sikap penulis dalam menghadapi problemnya.