Sejumlah mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Polines) melakukan penggalangan dana untuk korban banjir bandang yang melanda Konawe dan Konawe Utara,Sulawesi Tenggara serta untuk korban bencana Gempa Bumi di Halmahera Selatan.

Penggalangan dana dilakukan melalui beberapa cara yaitu,turun langsung ke jalan, open donasi melalui rekening,dan melalui jurusan.

Penggalangan dana turun langsung ke jalan dilaksanakan di kawasan Simpang Lima Semarang dengan memanfaatkan moment car free day. Mahasiswa yang terdiri dari perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Polines, Komunitas Polines Mengabdi, dan Tim Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik se-Indonesia (FKMPI) Polines tersebar di sejumlah titik di kawasan Simpang Lima dan sekitarnya seperti, Taman Indonesia Kaya,Lapangan Tri Lomba Juang (TLJ),dan Jalan Pahlawan, belum lama ini.

Penggalangan dana yang dilakukan pada momen car free day  sejak pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB ini berhasil mendapatkan uang sejumlah Rp 2.863.500,-. untuk banjir bandang di Konawe dan Rp1.275.000,-. untuk gempa bumi di Halmahera.  

Selain dengan turun ke jalan langsung,penggalangan dana juga dilakukan dengan membuka open donasi melalui rekening 0574023127 (Bank BNI) a.n Dheatry Khamaratih dan penggalangan dana melalui jurusan bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang berada di Polines. HMJ terkait adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HIMA),Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis (HMAB),Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil (HMS),Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin (HMM),dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektrro (HME).

Total jumlah penggalangan dana keseluruhan untuk Konawe ialah Rp.5.556.500,-. Dan Rp.1.375.000,-. Untuk Halmahera. Donasi ini disalurkan melalui Palang Merah Indonesia Kota Semarang dan akan disalurkan menuju daerah-daerah yang terkena bencana.