Eddy Triyono, Doktor Baru Polines


02 Maret 2017 - Juli Widiyanto

Politeknik Negeri Semarang (Polines) menambah satu lagi doktor baru. Promovendus adalah Eddy Triyono yang merupakan dosen Jurusan Teknik Elektro Polines berhasil meraih gelar Doktor pada Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Ia menjalani Ujian Terbuka Promosi Doktor, di Aula, Gedung Pascasarjana UNY, Yogyakarta, Sabtu (18/2). Dr, Moch Bruri Triyono sebagai ketua penguji didampingi Prof. Soenarto, Ph.D selaku Sekretaris/Penguji. Selaku Promotor : Prof. Sukardi, PhD dengan Co-Promotor Sutarto,HP, Ph.D, Prof Pardjono, PH.D (Penguji) dan Dr Totok Prasetyo, B.Eng, MT (Penguji).

Eddy Triyono, dosen kelahiran Klaten ini memaparkan penelitian dengan judul “ Model Pengembangan Keprofesionalan Dosen Politeknik ” . Dalam disertasinya ia memaparkan sumber daya manusia merupakan pelaku organisasi pendidikan sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.Adapun tujuan dari penelitian ini, lanjutnya, yakni untuk mendapatkan informasi tentang model pengembangan keprofesionalan dosen di politeknik saat ini. Selain itu juga untuk mendapatkan informasi tentang model pengembangan keprofesionalan dosen politeknik. Juga untuk menghasilkan model pengembangan keprofesionalan dosen politeknik yang efektif dan efisien. Sehingga dapat menyusun buku pedoman pelaksanaan model pengembangan keprofesionalan dosen politeknik.”Penelitian ini merupakan research and development,” jelas Eddy Triyono. Promovendus membatasi penelitian pada dosen di 4 (empat) politeknik. Yakni, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Politeknik Ilmu Pelayaran dan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Eddy Triyono menjadi doktor ke-20 Polines.