Workshop Penyelenggaraan International Conference Terindeks, Bekerja Sama dengan IEEE


28 Februari 2017 - Kurnianingsih

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan suatu Perguruan Tinggi, dapat dilakukan dengan peningkatan berbagai aspek, antara lain menyangkut aspek kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen, kualitas kegiatan mahasiswa dan yang tidak kalah penting yaitu peningkatan kualitas penelitian dan publikasi.

Kualitas sumber daya manusia biasanya dapat ditingkatkan dengan memberikan program pendidikan berkualitas yang berkesinambungan bagi para pengajar akademik. Kualitas manajemen dapat ditingkatkan dengan penyelenggaraan kegiatan Perguruan Tinggi dengan mengacu pada prinsip manajemen modern. Kualitas kegiatan mahasiswa juga perlu ditingkatkan dengan mendukung dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan bersifat nasional dan international. Disamping itu, peningkatan kualitas Penelitian dan Publikasi perlu dilakukan dengan memberikan kesadaran dan memacu peningkatan iklim menulis journal dan paper ilmiah bagi para peneliti dan tenaga akademik di perguruan tinggi.

Penyelenggaraan International conference bagi perguruan tinggi, dapat dipersiapkan dengan baik, bila panitia penyelenggara mampu memahami dan mengerti prinsip-prinsip penyelenggaraan International Conference yang transparan, akuntable, mengikudi kaidah-kaidah ilmiah dan yang tidak kalah penting adalah membuat conference tersebut terindek secara international, sehingga diakui oleh pemerintah Indonesia.

IEEE ( Institute of Electrical and Electronics Engineers ) sebagai salah satu organisasi ilmiah, selama 130 tahun telah berhasil menjadi leader di bidang penyelenggaraan conference, journal dan publikasi ilmiah bertaraf global, yang memiliki hak dan diakui secara luas dalam memberikan indek IEEE Xplore yang secara otomatis diakui oleh Scopus. Organisasi IEEE Indonesia Section telah berada di Indonesia selama 28 tahun lebih, sehingga dapat dipersiapkan untuk menjadi partner bagi penyelenggaraan conference dan journal terindek di Indonesia.

Workshop Penyelenggaraan International Conference Terindeks bekerja sama dengan IEEE ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan tambahan informasi yang lebih detail dan terstruktur mengenai perlunya conference, jurnal dan manajemen penyelenggaraanya, mengacu kepada kualitas standar penyelenggaraan conference yang dimiliki oleh IEEE, sesuai ketentuan pada IEEE Meetings, Conferences & Events (MCE).

Workshop yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Semarang pada Sabtu, 25 Februari 2017, dibuka oleh Ir. Supriyadi, MT selaku Direktur Politeknik Negeri Semarang, didampingi oleh Dr. Amin Suharjono selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, dan Ir. Satriyo Dharmanto, M.Sc selaku IEEE Indonesia Section Chair. Event ini dihadiri oleh para peneliti, dosen, pengelola program studi, kalangan pemerintah, swasta, kalangan Industri, panitia International conference, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia, yang ingin meningkatkan kualitas conferencenya berdasarkan standar kualitas global.

Kegiatan Workshop Penyelenggaraan International Conference Terindeks, bekerja sama dengan IEEE ini dirancang agar peserta workshop mampu memahami:

  • Kriteria penilaian ranking dan kualitas perguruan tinggi
  • Lembaga yang memberikan penilaian Indek dan ranking Global
  • Pentingnya International Conferences dan Jurnal bagi peningkatan kualitas Perguruan Tinggi
  • Organisasi IEEE yang merupakan salah satu organisasi penyelenggara Conference dan Journal terindek yang ternama di dunia
  • Bagaimana menyelenggarakan conference berdasar standar kualitas IEEE
  • Tahapan penyelenggaraaan Internatioanl Conference mengacu pada IEEE
  • Melakukan kegiatan marketing dan branding Conference secara efisien dan effektif
  • Beberapa tools yang dapat dipergunakan dalam penyelenggaraan conference International
  • Conference Portfolio
  • Strategi agar conference yang diselenggarakan dapat memperoleh indeks IEEE Explore

Agenda dan narasumber pada kegiatan tersebut yaitu:

  • “Organizing an Indexed International Conference in Collaboration with IEEE” dipresentasikan oleh Satriyo Dharmanto (Section Chair, IEEE Indonesia)
  • “How to Improve Quality of Conference & Conference Management Tool” dipresentasikan oleh Arief Hamdani (Advisory Board, IEEE Indonesia)
  • “Program and Activities of IEEE Indonesia Young Professionals”, dipresentasikan oleh Kurnianingsih (Young Professionals Chair, IEEE Indonesia)

Workshop ini lanjutkan juga dengan pertemuan komite internal dalam rangka mempersiapkan 'IEEE International Conference on Communications, Jaringan, dan Satelit (COMNETSAT) 2017, yang akan diselenggarakan pada 05-07 Oktober 2017, di Politeknik Negeri Semarang (POLINES).