Polines Raih A pada Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi


06 Januari 2017 - admin

Politeknik Negeri Semarang (Polines) meraih predikat A pada Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). Hal tersebut berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 2987/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 yang berlaku sejak 20 Desember 2016 hingga 20 Desember 2021.

Sertifikat Akreditasi tersebut secara resmi diserahkan oleh Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Kemristekdikti Dr Totok Prasetyo BEng MT kepada Direktur Polines Ir Supriyadi MT di kampus Polines Jumat (06/01/2017) disaksikan Anggota Dewan Eksekutif BAN-PT DrEng Ir Fauzri Fahimuddin MSc. Acara dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan Polines, Para ketua dan sekretaris jurusan/program studi, para kepala bagian/sub bagian/pusat/unit/satuan di lingkungan Polines, perwakilan organisasi kemahasiswaan, serta mitra industri.

Dalam sambutannya, Supriyadi menegaskan bahwa Polines siap berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan vokasi sebagaimana telah diamanatkan oleh Undang-undang."Alhamdulillah, dengan capaian ini kami semua di Polines berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu menjadi lebih baik lagi," ujar Supriyadi.

Adapun Fauzri mengatakan bahwa predikat AIPT A merupakan prestasi yang luar biasa bagi Perguruan Tinggi, khususnya Politeknik. Dengan hasil ini, Polines harus siap menjadi acuan bagi Politeknik lain yang belum meraih nilai A. Selain itu, pencapaian di tingkat institusi ini hendaknya diikuti dengan semakin banyaknya program studi di dalam institusi yang meraih predikat A. Program studi yang saat ini belum mendapat predikat A hendaknya segera mengajukan akreditasi kembali, sebelum diberlakukan instrumen baru yang persyaratannya lebih sulit. "Bila dengan instrumen akreditasi yang ada saat ini saja belum mendapatkan nilai A, maka nilai A akan semakin sulit diraih bila telah menggunakan instrumen yang baru nanti," kata Fauzri.

Totok Prasetyo menyampaikan bahwa Polines merupakan satu dari tiga Politeknik di Indonesia yang saat ini berhasil meraih akreditasi institusi dengan nilai A. Dari sekitar 4.445 Perguruan Tinggi di Indonesia, saat ini baru 49 Perguruan Tinggi yang mendapatkan akreditasi A sehingga hasil yang diperoleh Polines ini sangat membanggakan. Meski demikian, capaian ini juga membawa konsekuensi yang tidak ringan. "Konsekuensinya semua hal juga harus baik, yang meliputi leadership yang baik, komitmen yang baik dari semua stakeholders, dan juga sistem yang terintegrasi dengan baik. Hasil ini harus dipertahankan, jangan terlena dengan yang sudah dicapai. Semua pihak di Polines juga harus punya komitmen pada peningkatan budaya mutu," demikian Totok menjelaskan.

Turut memberikan sambutan dalam acara ini adalah perwakilan mahasiswa oleh Bagas Saputro (Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa, perwakilan dosen oleh Drs Suryanto MPd (dosen Teknik Mesin), dan perwakilan mitra industri oleh Ir Hary Martono ST (CV Ukabe). Ketiganya mengaku bangga dengan pencapaian akreditasi ini dan berharap semoga di masa mendatang proses pendidikan dan layanan di Polines semakin baik, sebagaimana dulu dicita-citakan oleh para pendiri Politeknik di Indonesia.

Keterangan Foto:

Penyerahan SK BAN-PT tentang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi kepada Polines yang meraih akreditasi A di Ruang Serba Guna, Kampus Tembalang, Semarang, Jumat (6/1)