Polines Dipilih LPJK Jateng Sebagai TUK Tenaga Kerja Konstruksi


10 Nopember 2016 - admin

Guna membekali sertifikat keahlian dan ketrampilan bagi para pekerja di sektor jasa konstruksi, Politeknik Negeri Semarang (Polines) dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Jawa Tengah sepakat melakukan kerjasama dalam pemanfaatan potensi di Polines sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Tenaga Kerja Konstruksi. Hal ini ditandai dengan penandatanganan dokumen nota kesepahaman antara kedua belah pihak yakni, Direktur Polines, Ir. Supriyadi, MT dan Ketua LPJK Jateng, Ir. HM. Satya Joewana, di kampus Polines, Tembalang, Kamis (10/11).

Direktur Polines, Ir. Supriyadi, MT dalam sambutannya mengatakan Polines sebagai perguruan tinggi vokasi terus berupaya melakukan berbagai hal dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. “Pola pembelajaran terapan di Polines kiranya sangat relevan dengan tuntutan masyarakat saat ini, “ ujarnya. Sehingga kerjasama dengan berbagai pihak terus dilakukan agar kehadiran Polines dapat memberi manfaat bagi masyarakat maupun industri.

Sedangkan Ketua LPJK Jateng, Ir. HM. Satya Joewana, mengatakan sektor jasa konstruksi memiliki peran strategis, sangat dinamis, karakteristik dan spesifikasi yang unik, sehingga perlu ditata, diatur dan diberdayakan dalam suatu regulasi. “Yakni UU No 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi,”jelasnya. Kerjasama yang terjalin dengan Polines ini, ungkapnya, merupakan salah satu upaya dalam rangka melaksanakan amanat UUJK, bahwa orang perseorangan/tenaga kerja konstruksi harus memiliki sertifikat keahlian atau sertifikat ketrampilan kerja. Sehingga untuk mendorong ketersediaan tenaga kerja konstruksi yang kompeten, perlu diselenggarakan pembekalan dan uji kompetensi pada TUK yang ada. Diakhir sambutan ia mengapresiasi kepada Polines atas kerjasama ini, sehingga inimerupakan langkah awal bagi kelancaran pelaksanaan tugas bersama demi terwujudnya tujuan pembangunan bidang jasa konstruksi di Jawa Tengah maupun pembangunan nasional.

Ket Foto :

Dokumen . Direktur Polines, Ir. Supriyadi, MT dan Ketua LPJK Jateng, Ir. HM. Satya Joewana, bertukar dokumen usai penandatanganan kerjasama, di kampus Polines, Tembalang, Kamis (10/11).