Press release Sentrinov 2016


17 Oktober 2016 - admin

SENTRINOV 2016 telah diselenggarakan dengan baik dan sukses di Hotel Star Semarang pada 15 Oktober 2016 oleh Politeknik Negeri Semarang yang bekerjasama dengan Politeknik Negeri Malang dan Politeknik Negeri Bali. Seminar diselenggarakan untuk memfasilitasi para peneliti, akademisi dan praktisi industri dalam mempresentasikan hasil riset mereka yang bersifat terapan dan inovatif. SENTRINOV diselenggarakan setiap tahun, dimana untuk Tahun 2016 ini adalah SENTRINOV yang ke dua dengan tema seminar:  “Inovasi Teknologi Cerdas dalam Pembangunan Bangsa Berkelanjutan”. Seminar ini juga bekerja sama dengan IAES (Intitute of Advanced Engineering and Science) untuk mempublikasikan makalah-makalah yang terpilih dalam jurnal terindex Scopus (IJECE, Telkomnika, dan IJEECS) dan DOAJ (IJAAS). Disamping itu prosiding dari seminar ini akan terindeks oleh IPI Portal Garuda dan Google Scholar. Dengan terlaksananya seminar ini diharapkan semakin mendekatkan hasil penelitian yang bersifat terapan dan inovatif ke tahap industrialisasi, komersialisasi dan pemanfaatan publik.

SENTRINOV 2016 diikuti oleh peserta yang berasal dari 11 institusi dan 6 propinsi di Indonesia dengan jumlah paper yang masuk sebanyak 71. Proses pelaksanaan Sentrinov 2016 dimulai dengan pembukaan dan doa, dilanjutkan dengan Sambutan oleh Ketua Panitia Sentrinov 2016, Dr. Ir. Muhammad Mukhlisin, M.T. dan dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Politeknik Negeri Semarang yang dalam hal ini diwakili oleh Ir. Ahmad Jamaah, M.Eng. selaku Wakil Direktur I. Dalam sambutannya Wakil Direktur I menekankan pentingnya event seminar ini untuk proses diseminasi hasil penelitian dan meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi instusi perguruan tinggi di Indonesia. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dan MoA antara Politeknik Negeri Semarang dengan Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel), dimana dengan penanda-tanganan ini Polman Babel resmi bergabung dalam penyelenggara Sentrinov untuk tahun-tahun berikutnya.

Acara selanjutnya presentasi dua keynote speaker, yang dihadirkan dalam Seminar ini yaitu: Prof. Madya. Dr. Roszilah Hamid, seorang pakar Konstruksi Sipil dan juga Head of Education Research Center, Faculty of Engineering and Built Environment, Universiti Kebangsaan Malaysia dan Dr. Mohammad Faisal, seorang pakar ekonomi makro dan juga Direktur CORE (Center of Reform on Economics) Indonesia.

Presentasi paralel 71 paper yang masuk dilaksanakan pada siang sampai sore hari dengan menggunakan 4 ruang seminar. Pada sesi penutupan diumumkan best paper untuk kategori teknik dan sosial. Untuk kategori teknik dimenangkan oleh peserta dari Polman Babel, dan seorang peserta dari Universitas Diponegoro memenangkan best paper untuk kategori sosial.

SENTRINOV 2016 ditutup oleh Kepala P3M Politeknik Negeri Semarang Dr. Eng. Sidiq Syamsul  Hidayat., S.T., M.T. yang ditandai dengan penandatanganan Berita Acara serah terima tuan rumah Sentrinov 2016 yang diwakili oleh Kepala P3M Polines kepada tuan rumah Sentrinov 2017 yaitu Politeknik Negeri Malang yang diwakili oleh Dr. M. Maskan, M.Si. Setelah penutupan selesai acara Sentrinov 2016 diakhiri dengan Gala Dinner di Sky Pool  Star Hotel.

 

Ket Foto: Penandatanganan MoU 4 Politeknik Negeri dalam rangka pembentukan konsorsium penyelenggaraan Sentrinov 2017.