UPT Bahasa


 

UPT Bahasa secara resmi berdiri pada 27 Agustus 2002 dengan SK Senat Politeknik Negeri Semarang (Polines) No. 289A/N11/SK.S/2002. Sesuai SK pendiriannya, Unit yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Direktur tetapi pembinaannya sehari-hari dilakukan oleh Wakil Direktur I ini didirikan dengan dua tujuan: (1) mengembangkan bahasa dan menyelenggarakan kegiatan pelatihan bahasa untuk berbagai keperluan dalam bidang iptek, bisnis dan komunikasi internasional, dan (2) meningkatkan kemampuan berbahasa sivitas akademika dan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkompetensi global.

UPT Bahasa bervisi (1) menjadi UPT yang profesional dalam menangani pelatihan dan memberikan pelayanan memuaskan kepada masyarakat internal maupun eksternal Polines; (2) menjadi UPT yang mampu menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga, nasional maupun internasional, dalam pelaksanaan pelatihan bahasa maupun pengembangan sumber daya manusia; (3) menjadi UPT yang mampu menciptakan budaya bahasa yang kondusif untuk terlaksananya pelatihan dan pengembangan kemampuan berbahasa secara efektif.

UPT Bahasa Polines mengemban misi sebagai unit yang membantu semua Program Studi di Polines dalam mencetak tenaga profesional berkualitas yang memiliki kemampuan memadai dalam penggunaan bahasa (nasional dan internasional) untuk menguasai iptek dan memenangkan persaingan global.

Program kerja UPT Bahasa Polines adalah (1) meningkatkan kemampuan sivitas akademika Polines dalam berbahasa (nasional dan internasional) yang baik dan efektif, sesuai bidang tugasnya masing-masing, dalam rangka menjawab tuntutan berskala nasional maupun global; (2) menciptakan atmosfer akademik yang kondusif demi tumbuhnya kesadaran akan pentingnya penggunaan bahasa yang baik dan efektif sebagai alat komunikasi, alat menguasai iptek dan alat memenangkan persaingan di tingkat nasional maupun global; (3) memanfaatkan potensi dan keunggulan yang dimiliki Polines untuk memberikan pelayanan bahasa dalam rangka pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, dan untuk mengambil setiap peluang kerjasama saling menguntungkan dengan instansi atau lembaga lain, baik dalam maupun luar negeri.

Layanan yang disediakan di UPT Bahasa Polines mencakup layanan pengukuran profisiensi atau tes, pelatihan kebahasaan dan layanan lainnya. Layanan pengukuran profisiensi (tes) yang diselenggarakan di UPT Bahasa Polines antara lain:
1. TOEFL® ITP
2. Prediksi TOEFL
3. TOEIC® International
4. Prediksi TOEIC
5. Prediksi IELTS

Layanan pelatihan yang disediakan UPT Bahasa Polines antara lain:

1. TOEFL/TOEIC/IELTS Preparation, reguler maupun intensif
2. Basic English, reguler maupun intensif
3. Conversation, reguler maupun intensif
4. ESP (English for Specific Purposes), termasuk Technical English
5. EAP (English for Academic Purposes)
6. Job search skills
7. Public speaking

UPT Bahasa juga melayani kebutuhan kebahasaan seperti:

1. Translating/Interpreting
2. Pelatihan bahasa Indonesia kepada penutur asing
3. Konsultasi Pendirian/Pengembangan Pusat Bahasa atau Pusat Belajar Mandiri 
   (Self-Access Center)
4. Textbook-Reading Skills, Writing Techniques, Presentation Skills, dsb.
5. In-house Training

Untuk menunjang pelayanannya, UPT Bahasa Polines dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti:

1. Ruang Pelatihan (dengan Multimedia)
2. Lab Bahasa (berbasis komputer)
3. SAC (Self-Access Center), yakni tempat belajar bahasa secara mandiri yang dilengkapi     sumber belajar dalam berbagai bentuk (komputer terkoneksi internet, audio visual     & printed material)
4. Internet service/hotspot area

Instruktur UPT Bahasa adalah dosen bahasa dari berbagai Jurusan yang memiliki kualifikasi dan pengalaman di bidang yang ditanganinya. Staf administrasi UPT Bahasa juga selalu siap memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan klien. Unit pelaksana teknis bidang kebahasaan ini berkomitmen untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada klien dengan biaya terjangkau.

UPT Bahasa Polines dapat dihubungi melalui Polines ((024) 7473417; 7499585) pesawat 251/239 atau secara langsung ke (024) 764-80-700. Alamat email UPT Bahasa adalah: uptbahasa@polines.ac.id.

Pengelola UPT Bahasa saat ini:

 Kepala : Drs. Toni Hartono, M.Pd.
Sekretaris : Drs. Paniya, M.Pd.
Staf Administrasi : Sri Wahyuni
Petugas SAC : Tiara Fanny Fatmaningrum, A.Md.