FAQ


3. Perbedaan jalur PMDK-PN, SPA, UMPN, Mandiri dan Kerjasama PT. PLN

1. Jalur PMDK-PN

Jalur Penelusuran Minat Dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru tanpa tes secara nasional dengan sistem seleksi melalui nilai akademik (rapor) dan prestasi yang dimiliki baik prestasi akademik maupun non-akademik.

 

2. Jalur SPA

Jalur Seleksi Potensi Akademik (SPA) merupakan jalur penerimaan dengan sistem seleksi ujian tertulis, Pemilihan program studi akan dilakukan menggunakan nilai atau skor hasil ujian tertulis dimana masing-masing program studi mempunyai passing grade (nilai).

Tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut :

a. Pendaftar melakukan proses pendaftaran online dilanjutkan membayar biaya pendaftaran

b. Melaksanakan Tes Tertulis

c. Nilai hasil ujian tulis diumumlan online

d. Melakukan pemilihan jurusan/program studi menggunakan nilai yang diperoleh sesuai passing grade masing-masing program studi secara online

e. Pengumuman hasil akhir

 

3. Jalur Kerjasama PT. PLN

Program penerimaan mahasiswa baru Diploma III Kelas Kerjasama PT. PLN (Persero) adalah program pendidikan DIII dengan persyaratan yang telah ditentukan, mahasiswa lulusannya dapat langsung mengikuti Diklat Prajabatan PT. PLN (Persero) sebagai prasyarat untuk diangkat menjadi pegawai PT. PLN (Persero)

 

4. Jalur UMPN

Jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) merupakan jalur penerimaan dengan sistem seleksi ujian tertulis. Jalur ini dlaksanakan serentak secara nasional dan diikuti oleh seluruh politeknik negeri se-Indonesia. Peserta dapat memilih program studi lintas politeknik negeri seluruh Indonesia.

 

5. Jalur Ujian Mandiri

Jalur Ujian Mandiri (UM) merupakan jalur penerimaan dengan sistem seleksi ujian tertulis.

Jalur ini dlaksanakan secara lokal oleh Politeknik Negeri Semarang..

Peserta hanya dapat memilih jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Negeri Semarang